Hemat Gasolec, Hemat LPG, Pertumbuhan Optimum

Berikut ini ada tips agar, hemat Gasolec, hemat LPG dan Pertumbuhan Optimum pada masa brooding:

  1. Gunakan brooding ukuran 4×5/1000 doc dengan 1 gasolec
  2. tutup rapat tirai dan atas dengan plastik
  3. pastikan suhunya pas berkisar antara 30-32 pada 7 hari pertama
  4. gunakan lampu warna kuning 9-10 watt untuk mengurangi silau dan stress pada ayam, sebanyak 2 buah/1000 doc
  5. hari pertama berikan air gula/tonik, kemudia 4 hari selanjutnya di pagi hari beri antibiotik, sorenya diberi air putih.
  6. pemberian makan di sore hari cukup 1x, dengan jumlah yang akan habis pada sore hari berikutnya, gunakan pakan untuk masa brooding
  7. jangan gunakan probiotik pada usia dibawah 7 hari, karena usus doc pada usia tersebut masih belum begitu siap menerima organisme lain berlebih, meskipun tujuanya untuk membantu pencernakan, berikan probiotik pada masa diatas 7 hari dengan jeda waktu 3 hari pada sore/malam hari, dan gunakan probiotik setiap hari mulai minggu ke 4 untuk membantu mencerna karbohidrat pada pakan.

Insyaallah pertumbuhan optimal, semoga sukses!

5 thoughts on “Hemat Gasolec, Hemat LPG, Pertumbuhan Optimum”

    1. usia 1 hari doc masih dalam masa adaptasi dengan lingkungan, organ pencernaan DOC masih belum siap dengan adanya organisme lain, akan lebih efekif apabila masa pertama DOC datang diberi cairan yang mengandung gula+garam(oralit)/tonik untuk mengganti cairan pada saat DOC dalam perjalanan, kemudian 4 hari selanjutnya diberi antibiotik di pagi hari dan air putih di malam hari, tujuannya untuk membersihkan DOC dari penyakit indukan, setelah itu lanjut dengan tonik, dan selanjutnya baru probiotik.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.