Biosecurity Optimal, Pertumbuhan Optimal.

Keberadaan bakteri akan selalu ada, baik bakteri yang menguntungkan, maupun yang merugikan, prinsip dari biosecurity pada dasarnya adalah keseimbangan, antara jumlah bakteri menguntungkan dan bakteri yang merugikan pada tubuh ayam, maupun pada lingkungan. bakteri yang merugikan dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, sehingga kehadiranya harus diminimalisir, sebaliknya bakteri yang menguntungkan harus tetap dipertahankan, untuk membantu performance dari ayam.

berikut ini adalah cara untuk biosecurity:

  1. bersihkan kandang dengan air tekanan tinggi, sehingga sisa-sisa kotoran periode sebelumnya menjadi seminimal mungkin, kalau perlu gunakan cara manual untuk membersihkan jikalau dengan air ternyata masih ada sisa.
  2. semprot kandang dengan menggunakan formalin/antisep/biodes/bayclin untuk membersihkan sisa-sisa bakteri, spora, jamur, virus pada kandang.
  3. pada saat produksi, bersihkan tandon, pipa, dan alat minum, dengan air putih, setiap pergantian air minum, dan tiap 5 hari sekali campurkan antiseptik pada minuman(lihat dosis untuk minuman), tujuanya adalah untuk membersihkan alat minum secara menyeluruh, dan membersihkan paruh, mulut dan kepala ayam dari paparan bakteri yang berbahaya.
  4. pada saat produksi, lakukan semprot kandang tiap 7 hari sekali dengan antisep, jika hal ini dilakukan, maka penyebaran penyakit melalui feses dapat diminimalisir, kematian juga dapat diminimalisir.
  5. berikan pil antibiotik pada ayam yang terindikasi sakit, kemudian pisahkan dengan yang sehat, lakukan upaya penyembuhan dengna pemberian obat, apabila ayam sudah sehat kembali, bisa dikembalikan.
  6. Pada malam hari, optimalkan bakteri yang menguntungkan dengan cara mencampur air minum dengan Probiotik, misalnya EM4.

Semoga sukses!

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.