Berbagai Macam Teknik Menanggulangi Bau dan Lalat

Bau dan lalat merupakan masalah klasik pada kandang open house, namun demikian hal ini dapat diminimalisir dengan cara-cara berikut ini!

  1. ANTISEP. Semprot kotoran/galar/lantai dengan Antisep, hal ini sangat ampuh untuk mengurangi bau kotoran, selain itu juga membasmi berbagai macam bibit penyakit dan bakteri yang bisa menyebabkan penularan ke ayam sehat, lakukan penyemprotan berkala antara 4-7 hari sekali, tergantung situasi dan kondisi.
  2. EM4. campurkan EM4 pada minuman di saat malam hari, EM4 adalah probiotik yang membantu mengurai kotoran dan meminimalisir amoniak, selain itu EM4 juga bermanfaat untuk membantu pencernakan di usus ayam, sehingga makanan dapat terserap dengan lebih baik dan diharapkan dapat meningkatkan performance.
  3. MPON-MPON. berikan mpon-mpon seperti kunir, kencur, jahe, daun pepaya, setiap 5-7 hari sekali, tujuanya adalah untuk meningkatkan metabolisme ayam, dan meningkatkan daya tahan tubuh. dosisnya 1gram tiap 1 lt air. setiap pemberian mpon-mpon di sore hari dan malam harinya berikan air putih, untuk mengimbangi cepatnya metabolisme ayam, agar ayam tidak dehidrasi.
  4. GAMPING/DOLOSIT. Taburi serbuk gamping/dolosit pada dasar tanah bawah kandang, untuk mengurangi tumbuhnya bakteri dan lalat.
  5. SIMPAN LITTER BROODING. Jika turun sekam (usia 14-17) jangan langsung dibuang di bawah kandang, tapi dimasukkan ke dalam zak, dan dijauhkan dari kandang.(diolah menjadi pupuk/biogas juga bisa), selain itu lakukan pengambilan kotoran pada usia 24 hari.
  6. TIMBUN. Timbun kotoran sebelum dikeruk menggunakan abu pembakaran.
  7. PREMIX. Gunakan premix(campuran tambahan pakan) yang gunanya khusus untuk mencegah berkembangnya larva lalat dan membuat kotoran kering.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *