SISTEM PENENTUAN LOKASI KENDARAAN MENGGUNAKAN GPS DENGAN PEMANFAATAN SMS SEBAGAI KOMUNIKASI DATA

Perkembangan teknologi yang semakin pesat telah menemukan sebuah alat yaitu GPS (Global Positioning System) receiver, dimana alat ini dipergunakan untuk mengetahui posisi koordinat di bumi. GPS receiver sendiri menggunakan beberapa satelit yang mengorbit di bumi untuk menentukan keakuratan koordinat bumi. Selain itu juga telah diketemukan sebuah alat komunikasi yaitu Hand Phone dimana memungkinkan kita berkomunikasi baik percakapan atau hanya sebuah pesan text SMS (Short Message Service) dimana saja tanpa menggunakan kabel. Microcontroller yang merupakan suatu komponen elektronika yang dibangun melalui teknologi semikonduktor dengan wujud yang relatif kecil juga dari segi harga terjangkau, sangat besar kemampuannya dalam pengendalian peralatan secara digital. Dengan menggabungkan antara microcontroller dengan GPS receiver maka terbentuklah suatu sistem penentuan lokasi kendaraan menggunakan GPS dengan pemanfaatan SMS sebagai komunikasi data. Permasalahan dari Tugas Akhir ini adalah untuk merancang dan membuat sistem untuk memonitor lokasi sebuah kendaraan bermotor diambil berdasarkan GPS dan dikomunikasikan dengan PC melalui SMS, kemudian oleh PC ditampilkannya dalam Map sesuai dengan Database yang dibangun. Hasilnya adalah dapat mengetahui posisi dan memetakannya kedalam sebuah MAP.

RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PELAYANAN KESEHATAN PADA PUSKESMAS KEBONSARI

Puskesmas Kebonsari merupakan pusat dari sub-sub puskesmas yang ada di daerah Kota. Jumlah masyarakat yang berobat memiliki suatu potensi jumlah yang besar. Sistem yang baik dan terkendali membuat pelayanan pada puskesmas bertambah baik dan berkualitas tinggi. Puskesmas membutuhkan waktu yang cukup untuk membuat laporan atau melakukan pendataan terhadap data kunjungan pasien, data kondisi pasien, dan data-data kesehatan lainnya setiap saatnya. Banyak pasien yang melakukan rawat jalan membuat adanya kemungkinan terjadinya kehilangan rekam medis atau catatan histori pasien. Puskesmas Kebonsari masih belum menggunakan sistem yang berbasis komputerisasi dalam menjalankan pelayanan masyarakat, sehngga pelayanan berjalan agak lambat. Sebagian besar staff dan pegawai termasuk sumber daya manusia yang mempunyai kualitas dan mutu, yang tidak tersedia adalah fasilitas, sarana, dan prasarana. Hal tersebut yang menjadi masalah utama dalam pemberian pelayanan yang efektif dan efisien dalam rangka peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat. Berdasarkan permasalahan di atas, maka dibutuhkannya pembuatan sistem informasi yang terintegrasi antara bagian pendaftaran, poli-poli dan apotek. Sehingga diharapkan dapat membuat kinerja karyawan di rumah sakit menjadi lebih efisien dan efektif, dapat menghasilkan laporan-laporan dari kegiatan yang ada lebih valid dan terjamin, serta dapat membantu manajemen puskesmas dalam mengambil keputusan dalam pengembangan puskesmas.

PERANCANGAN DAN PEMBUATAN PROTOTIPE SENJATA PERTAHANAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI COILGUN

Indonesia merupakan negara kepulauan yang terletak pada posisi yang strategis karena Indonesia berada diantara dua samudra dan dua benua. Selain itu Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah. Oleh karena itu, untuk melindungi potensi-potensi yang dimilliki, Indonesia harus mampu mengembangkan atau menciptakan senjata pertahanan. Teknologi yang mampu dikembangkan salah satunya adalah coilgun. Coilgun merupakan teknologi yang memanfaatkan elektromagnetik untuk melontarkan benda ferromagnetik. Coilgun ini hanya terdiri dari kumparan dan sumber tegangan. Kumparan pada coilgun berfungsi sebagai elektromagnetik dan sumber tegangan digunakan untuk memberi pasokan tenaga ke kumparan. Potensi untuk mengembangkan teknologi ini sangatlah besar karena teknologi ini selain mampu diaplikasikan dalam pembuatan senjata, teknologi ini juga dapat dikembangkan menjadi pelontar rudal ataupun roket. Dalam pengembangan senjata pertahanan dengan menggunakan teknologi coilgun tidaklah cukup karena diperlukan suatu sistem yang mampu melindungi operator senjata tersebut ketika terjadi serangan musuh. Salah satu sistem yang dapat diterapkan yaitu sistem kontrol jarak jauh. Pengkombinasian antara teknologi coilgun dan sistem kontrol jarak jauh yang dikembangkan secara manual dan otomatis dapat dimanfaatkan untuk pengembangan senjata yang efektif ketika jarak dan arah dari target diketahui. Hal inilah yang berusaha dikembangkan oleh penulis sebagai Tugas Akhir. Dalam Tugas akhir ini dihasilkan senjata yang menggunakan teknologi coilgun yang mampu melontarkan peluru dengan kecepatan rata-rata 12,565 m/s dan rata-rata muzzle energy yang dihasilkan sebesar 0,55 joule dengan peluru yang memiliki panjang 3,5 cm, diameter 0,7 cm, dan berat 9,72 gram. Selain itu, Dalam tugas akhir ini telah mampu dibuat sistem kontrol jarak jauh yang mampu menentukan sudut elevasi secara otomatis dan mampu berjalan baik, akan tetapi terjadi beberapa error yang dihasilkan. Error-error tersebut dihasilkan pada saat perhitungan penentuan sudut sumbu x dan y, dan ketika terjadi pengendalian secara otomatis untuk mengerakkan laras senjata (sumbu y) yang dilakukan oleh sistem. Rata-rata besar error yang dihasilkan oleh masing-masing error adalah sebesar 0,964 derajat pada sumbu x, 0,347 derajat pada sumbu y, dan 0,288 derajat ketika terjadi pengendalian secara otomatis untuk mengerakkan laras senjata (sumbu y) dengan jarak sasaran 100 cm dan 0,262 derajat pada jarak sasaran 200 cm.

ANALISIS DATA KONSUMEN DENGAN MENGGUNAKAN METODE CLUSTERING PADA TOKO BANGUNAN RAHAYU

Cynthia Paramananda : Analisis Data Konsumen pada Toko Bangunan Rahayu, Pengelompokan Data Menggunakan Metode Clustering, Skripsi, Teknik Informatika, FT UNP Kediri, 2015. Kata Kunci : K-Means, Aplikasi WEB. Perkembangan Komputer sangat pesat. Manfaat komputer sangat luas, mulai dari bidang hukum, bidang pendidikan, dan bidang ekonomi khususnya di Perniagaan. Sektor perniagaan yang penting, dan dizaman yang serba canggih ini masih ada pelaku niaga yang belum menerapkan sistem komputerisasi secara maksimal, Toko Bangunan Rahayu adalah salah satu contoh pelaku niaga yang belum memaksimalkan teknologi komputer dalam kegiatan perdagangannya. Tujuan penelitian ini adalah membuat suatu aplikasi yang mampu mencluster data konsumen menggunakan clustering data mining dengan metode K-means dengan cara menghitung jarak terdekat dari masing-masing pusat cluster. Penelitian ini menggunakan objek penelitian yakni pelanggan Toko Bangunan Rahayu. Penelitian dilakukan menggunakan jumlah pembelian, banyaknya barang yang dibeli, banyaknya kunjungan. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Aplikasi pengelompokkan konsumen menggunakan metode clustering dengan mudah menunjukkan cluster konsumen. (2) Aplikasi ini dapat menunjukkan mana konsumen yang tergolong dalam tiap cluster, sehingga pelaku niaga dapat dengan mudah meningkatkan pelayanan dari masing-masing cluster. .

SISTEM APLIKASI DAN INFORMASL PERSEDIAAN BARANG DAN BAHAN PENUNJANG PROSES PRODUKSI DI PG. XYZ

Latar Belakaqg Penggunaan suatu sistem pengolahan data yang ada di PG XYZ komputer sangat diperlukan sekali untuk tersedianya informasi yang dlbutuhkan terutama dalam hal dukungan bagi manajemen. Dengan pemakaian komputer ini akan memberikan peningkatan kualitas manajemen dan efisiensi kerja. Berbagai bidang usaha sePerti usaha perkebunan,induetri, kalangan perbankan dan lain-lainnya membutuhkan komputer sebagai alat bantu dalam menyelesaikan permasalahan sehari-harL. Akan tetapi masih banyak yang belum memanfaatkan jasa komputer tersebut secara optimum. Hal ini dikarenakan masih belum tersedianya perangkat lunak serta sumber daya manusia yang handal di bidang tersebut. Demikian Juga halnya dengan yang terjadi di Pabrik Gula XYZ (PG. XYZ), dalam bidang pengolahan data dibagian Gudang, masih memerlukan sedikit perbaikan dalam hal penyajian informasi guna menberikan dukungan bagi pihak manaier. Dan dengan banyaknya data yang diolah maka pemakaian perangkat lunak yang masih terbatas pada program paket LOTUS 123, akan kurang dapat menangani seluruh permasalahan yang ada.

PERANCANGAN APLIKASI PENCARIAN RUTE TERPENDEK MENEMUKAN TEMPAT PARIWISATA TERDEKAT DI KEDIRI DENGAN METODE FLOYD-WARSHALL UNTUK SMARTPHONE

Venty Septa Wiriantika: Perancangan Aplikasi Pencarian Rute Terpendek Menemukan Tempat Pariwisata Terdekat Di Kota Kediri Dengan Metode Floyd-Warshall untuk Smartphone pada Fakultas Teknik,UNP Kediri, Skripsi, TI, FT UNP Kediri, 2015. Kata kunci: pariwisata, rute terpendek, algoritma Floyd Warshall. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan bahwa tempat wisata di Kota Kediri semakin bertambah dengan letak yang tersebar di seluruh penjuru Kota Kediri. Dengan begitu diharapkan hal ini dapat lebih menarik wisatawan baik dari kota Kediri sendiri maupun wisatawan yang berasal dari luar kota Kediri. Tetapi dengan letak yang tersebar dipenjuru Kota Kediri, hal ini dapat menyulitkan wisatawan khususnya yang berasal dari luar daerah. Penggunaan peta manual untuk mencapai tempat-tempat tersebut seringkali menyulitkan parawisatawan dalam menentukan rute terpendek untuk mencapai tempat wisata yang diinginkan. Berdasarkan uraian di atas penulis mencoba merancang sebuah aplikasi pencarian rute terpendek. Dengan sistem pencarian rute terpendek ini diharapkan dapat membantu dan memudahkan parawisatawan untuk mencari rute terpendek dalam mencapai tempat tujuan wisata. Aplikasi pencarian rute terpendek ini menggunakan algoritma Floyd-warshall sebagai penghitung jarak terpendek serta memanfaatkan layanan google maps api untuk menyajikan peta visual. Algoritma Floyd-warshall merupakan algoritma untuk menemukan jarak terpendek antar vertex pada suatu graf yang berbobot. Sehingga algoritma ini cocok untuk diimplementasikan dalam mencari rute terpendek tempat pariwisata di Kota Kediri. Dengan didukung layanan google maps api aplikasi ini dimaksudkan akan lebih memudahkan dan memberikan informasi yang lebih spesifik kepada wisatawan. Aplikasi ini dibuat berbasis android dengan scrip MySQL sebagai pengelola basis datanya. Sehingga cukup dengan android yang terkoneksi dengan jaringan internet dan GPS semua orang dengan mudah dapat mengaksesnya kapan pun.

RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PEREKRUTAN KARYAWAN PADA PT. YUAN TEAI INDONESIA

Rekrutmen adalah proses mencari, menemukan dan menarik para pelamar dalam dan oleh suatu organisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat sistem perekrutan karyawan baru yang terkomputerisasi dan terdokumentasi. Sistem ini bertujuan untuk memudahkan staff/HRD dalam proses perekrutan karyawan, khususnya pada proses pemeriksaan hasil tes tulis para pelamar. Selain itu aplikasi dari sistem ini dapat menyimpan hasil tes dan data dari pelamar sehingga jika suatu saat atau dilain waktu perusahaan membutuhkan tenaga kerja, mereka bisa memperolehnya dengan cepat. Pembuatan sistem diawali dengan analisa terhadap sistem ang sedang berjalan dan mengembangkan nya. Kemudian melihat masalah yang ada ketika perekrutan yang ada di PT Yuan Teai Indonesia. Kemudian membuat jalan keluar dari permasalahan yang ada dengan membuat sistem perekrutan pegawai yang terkomputerisasi dari yang semula hanya menggunakan Excel. Dengan adanya sistem perekrutan pegawai yang terkomputerisasi ini di harapkan proses perekrutan di PT Yuan Teai Indonesia menjadi lebih cepat dari sistem yang awal.

RANCANG BANGUN SISTEM PELACAKAN DOKUMEN MEMANFAATKAN FUSE DAN SAMBA FILE-SYSTEM STUDI KASUS PT. ANEKA TUNA INDONESIA

Saat ini dokumen digital merupakan aspek penting dalam
dunia bisnis. Dokumen digital memuat data-data penting
perusahaan baik berupa data produksi sampai data keuangan.
Dokumen digital dalam perusahaan dapat diakses oleh orangorang
dalam perusahaan dengan menggunakan media berbagi
data. Sehingga dokumen digital rentan terhadap kebocoran baik
dari dalam maupun dari luar perusahaan. Dan apabila terjadi
kebocoran maka perusahaan akan banyak menderita kerugian.
Untuk mencegah terjadinya kebocoran dokumen digital khususnya
dari dalam perusahaan maka perlu pengamanan terhadap
dokumen digital dengan cara menyisipkan sebuah informasi
khusus ke dalam setiap dokumen digital yang disalin oleh orangorang
dari dalam perusahaan.
Berdasarkan permasalahan diatas maka dibuatlah suatu
sistem yang bisa memasukkan sebuah informasi secara transparan
ke dalam dokumen digital yang disalin oleh orang-orang yang
berada di dalam perusahaan dengan menggunakan FUSE dan
Samba sebagai media berbagi data.
Dari ujicoba yang dilakukan informasi yang berhasil
dimasukkan ke dalam beberapa jenis dokumen digital. Akan tetapi
mempengaruhi waktu dan kecepatan pengiriman dokumen. Hasil
ini menunjukkan bahwa penyisipan informasi secara transparan ke
dalam dokumen digital dapat dilakukan dengan menggunakan
FUSE walaupun mempengaruhi waktu dan kecepatan pengiriman
dokumen digital.

IMPLEMENTASI PROXY SERVER MENGGUNAKAN LINUX UBUNTU 10.04 PADA PT. ANTAR SURYA MEDIA KOTA

Internet merupakan salah satu sarana akses jaringan skala internasional, tanpa ada batasan waktu dan wilayah yang sudah berkembang secara cepat di segala bidang, baik dibidang pendidikan sampai dengan dunia pekerjaan. Penerapan serta penggunaan jaringan internet yang tepat dan optimal akan berpengaruh positif terhadap kinerja dari suatu sistem jaringan komputer yang ada pada sebuah instansi atau perusahaan. Proxy server merupakan salah satu aplikasi yang ada dalam penerapan jaringan komputer dimana didalamnya terdapat pengaturan mengenai jaringan komputer khususnya untuk keamanan serta kenyamanan dalam pengaksesan jaringan internet bagi para user yang menggunakannya. Proxy server juga berfungsi sebagai pengaturan terhadap beberapa aplikasi yang dibutuhkan dalam suatu instansi atau perusahaan, mulai dari pengaturan user hingga pengaturan koneksi ke internet. Implementasi proxy server tersebut diharapkan dapat menjadi salah satu sarana keamanan terhadap sistem jaringan internet pada PT.Antar surya media kota dengan menerapkan squid proxy authentificationserta melakukan filtering terhadap situs yang dilarang untuk diakses pada perusahaan tersebut.

ERP SOFTWARE SELECTION OPTIMIZATION USING MULTI CRITERIA DECISION MAKING FUZZY-AHP AND TOPSIS

Proses penggunaan perangkat lunak ERP pada sebuah
perusahaan terdiri dari tiga bagian yakni proses pemilihan
proses implementasi dan proses evaluasi. Proses pemilihan
perangkat lunak merupakan faktor yang sangat penting untuk
menunjang keberhasilan pada proses selanjutnya. Untuk memilih
perangkat lunak ERP diperlukan sebuah teknik Multi Criteria
Decision Making MCDM. Pada tugas akhir ini metode yang
digunakan yakni Fuzzy-AHP dan TOPSIS.
Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik kriteria yang
digunakan pada MCDM berdasar ISOIEC 25022 Software
Measurement of Quality in Use. Kriteria ini menunjukkan kualitas
sebuah sistem ketika digunakan. Teknik business process matching
dengan Beehivez digunakan sebagai salah satu pengukuran
kriteria.
Hasil uji coba menunjukkan bahwa metode tersebut berhasil
diimplementasikan pada sistem.