RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENJADWALAN PEMESANAN DAN PEMBAYARAN TRAVEL PADA PT. DIFARKE BAKTI UTAMA

PT. Difarke Bakti Utama adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang usaha tour dan travel. Perusahaan ini melayani perjalanan tour domestik maupun internasional, baik melalui rute darat, laut, maupun udara. Perusahaan ini belum menerapkam sistem yang terkomputerisasi secara menyeluruh dalam menjalankan transaksinya sehari-hari. Hanya bagian travel udara saja yang sudah menggunakan sistem terkomputerisasi, sedangkan untuk bagian travel darat dan lautnya menggunakan sistem yang masih manual. Dalam kerja praktek ini penulis menggunakan teknologi pemrograman VB.Net dan database SQL Server untuk membangun sebuah sistem informasi yang dapat digunakan dalam perusahaan tersebut, yang mana dalam konteks kerja praktek ini penulis lebih terfokus kepada bidang travel daratnya saja seperti mana telah dijelaskan bahwa pada bagian ini masih belum menggunakan sistem yang terkomputerisasi. Dengan memanfaatkan sistem informasi penjadwalan pemesanan dan pembayaran travel tersebut diharapkan perusahaan ini dapat me-maintenance serta mengolah data – data yang ada sehingga dapat menjadi suatu informasi yang nantinya dapat meningkatkan kinerja perusahaan ini. Serta dapat membantu proses transaksi dan proses pelaporan kepada manager.

MODUL PEMBELAJARAN ENKRIPSI BERBASIS ANDROID

Muh. Tanjung Alfalah : Modul Pembelajaran Enkripsi Berbasis Android, Skripsi, Fakultas Tektik Program Studi Teknik Informatika UNP Kediri, 2014. Kata kunci : modul, enkripsi, android. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa masih minimnya pemahaman seseorang mengenai enkripsi. Akibatnya banyak orang yang kurang mengerti betapa pentingnya enkripsi untuk mengamankan data pribadi. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Minimnya pemahaman masyarakat tentang enkripsi. (2) Kurangnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya enkripsi untuk mengamankan data atau informasi penting. (3) Melihat banyaknya pengguna Operating System Android di Indonesia, belum banyak aplikasi yang mampu memberikan pemahan tentang enkripsi. Di bidang kriptografi, enkripsi adalah proses mengamankan suatu informasi dengan membuat informasi tersebut tidak dapat dibaca tanpa bantuan pengetahuan khusus. Salah satu metode enkripsi adalah Caesar, dimana teks asli digantikan oleh huruf lain yang memiliki selisih posisi tertentu dalam alfabet. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Aplikasi ini dibuat sesederhana mungkin sehingga mudah dipahami. (2) Aplikasi ini dilengkapi video simulasi untuk memudahkan user dalam memahami teori. (3) Berdasarkan hasil pengujian aplikasi ini sudah dapat dipastikan bebas dari syntax error, runtime error, dan logic error. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan : (1) Penambahan materi mengenai metode-metode enkripsi lainya. (2) Penambahan jenis latihan untuk menebak kata yang sudah dienkripsi. (3) Penyempurnaan desain interface agar lebih menarik lagi. (4) Penambahan fitur update melalui internet.

IMPLEMENTASI WEB MINING UNTUK MEMBANGUN STRUKTUR JARINGAN SOSIAL BLOG BERBAHASA INDONESIA

Blog dan posting terus bertambah setiap hari. Dan saat ini telah terdapat lebih dari 10 ribu blog berbahasa Indonesia. Blog merupakan media untuk menulis artikel, makalah, atau jurnal pribadi tanpa adanya sensor yang biasanya dimiliki oleh perorangan atau kelompok. Selain itu blog memiliki kecenderungan untuk berhubungan dengan blog lain dalam bentuk blogroll yang pada akhirnya membentuk jaringan sosial maya. Kondisi dan ketersediaan data seperti ini dapat dimanfaatkan untuk melakukan penggalian data pada blog berbahasa Indonesia untuk mengetahui komunitas blogger Indonesia serta mengetahui topik populer, dalam bentuk tag, dengan melakukan web mining dan menghitung peringkat blog untuk mengetahui blog yang terpercaya.

SISTEM INFORMASI UNTUK MENENTUKAN KEBUTUHAN MAKANAN BERDASARKAN JUMLAH KALORI

Kesehatan mempunyai peran yang sangat penting bagi manusia. Faktor kesibukan maupun aktivitas di luar rumah yang banyak menyita waktu dan tanpa adanya kepedulian untuk menjalankan pola hidup yang teratur dan sehat. Di jaman yang serba instant seperti sekarang ini orang cenderung memilih makanan yang serba instant pula, sehingga tidak adanya kontrol gizi yang sesuai dengan kebutuhan kalori. Biasanya makanan yang dikonsumsi terlalu berlebihan menimbulkan penimbunan kolesterol, hal ini disebabkan pemenuhan kebutuhan makanan melebihi jumlah kalori. Padahal makanan yang dikonsumsi oleh seseorang, hendaknya tidak melebihi dari jumlah kalori seseorang perharinya. Apabila jumlah kalori makanan yang di konsumsi melebihi jumlah kalori orang tersebut maka hal ini tidak baik bagi kesehatan. Dan apabila dilakukan secara terus menerus akan menyebabkan terjadinya kelebihan berat badan. Sebaiknya mengkonsumsi kalori lebih sedikit dari kebutuhan tubuh sehingga lemak tubuh yang tersimpan digunakan untuk memenuhi kebutuhan porsi kadar kalori. Pentingnya mengetahui makanan yang dikonsumsi beserta kandungan gizi yang terdapat pada masing-masing makanan membantu orang tersebut untuk mengontrol kebutuhan kalori yang sesuai. Agar proses penentuan kebutuhan makanan lebih efisien dan mudah, dapat dilakukan secara online dengan menggunakan aplikasi web. Sistem informasi didapatkan dengan melakukan perhitungan nilai AMB, untuk mengetahui kebutuhan kalori yang dibutuhkan seseorang perharinya. Sistem penentuan kebutuhan makanan berdasarkan jumlah kalori adalah suatu aplikasi pelayanan yang dirancang untuk memudahkan masyarakat. Sistem informasi ini bertujuan memecahkan masalah dalam menentukan kebutuhan makanan berdasarkan jumlah kalori. Untuk memenuhi kebutuhan makanan didapatkan dari pemilihan makanan dan dengan menentukan berat takaran makanan hingga kebutuhan kalori terpenuhi.

IMPLEMENTASI DYNAMIC CLUSTER MENGGUNAKAN K-MEANS CLUSTER DAN PARTICLE SWARM OPTIMIZATION UNTUK IDENTIFIKASI KARAKTERISTIK LALU LINTAS BERDASARKAN JUMLAH DAN JENIS KENDARAAN

Jalan raya merupakan fasilitas umum yang paling sering
digunakan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Hal
tersebut disebabkan karena jalan raya berfungsi untuk
menghubungkan antar satu tempat dengan tempat lainnya. Setiap
jalan raya memiliki lebar dan pembagian jalur yang berbedabeda
disesuaikan dengan jumlah pengguna yang melintas.
Meski terdapat algoritma pengelompokkan K-Means
Cluster namun K-means Cluster saja tidak cukup untuk
melakukan pengelompokkan jalan raya karena K-means
membutuhkan jumlah cluster yang pasti. maka dari itu
dikembangkan suatu metode Dynamic Cluster dengan
menggunakan K-Means dan Particle Swarm Optimization PSO
untuk mencari jumlah Cluster optimal. Algoritma PSO digunakan
untuk mencari Jumlah Cluster yang optimal sementara K-Means
digunakan untuk menghitung hasil Cluster terbaik.
Uji coba dilakukan dengan menggunakan uji parameter
dan uji skenario berdasarkan jenis kendaraan. Uji parameter
dimaksudkan untuk mencari nilai optimal ambang batas dan
konstanta dari dari algoritma PSO. Uji skenario berdasarkan
jenis kendaraan dibagi menjadi dua yakni motor dan mobil di
dalam rentang waktu tertentu. Hasil dariuji coba yang dilakukan
adalah setiap Cluster yang terbentuk di dalam subskenario
memiliki anggota yang selalu berubah-ubah berdasarkan
kedekatan selisi jumlah kendaraan.

PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI POSYANDU BERBASIS WEB : STUDI KASUS POSYANDU CEMPAKA II KELURAHAN BARANANGSIANG KOTA BOGOR

Posyandu Cempaka II merupakan suatu unit layanan kesehatan yang bertugas untuk melakukan pelayanan kesehatan ibu dan anak (KIA) di wilayah RT 01 dan RT 02 RW 07 Kelurahan Baranangsiang Kota Bogor. Saat ini, proses manajemen data di Posyandu Cempaka II masih dilakukan secara manual dengan cara mencatatkan data ke dalam tujuh (7) format register. Cara tersebut dinilai tidak efisien karena menyebabkan kesulitan dalam proses manajemen data Posyandu Cempaka II. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka penulis bermaksud mengembangkan suatu sistem informasi posyandu berbasis web dengan menggunakan Borland Delphi 7. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah Dynamic System Development Method (DSDM). Alat yang digunakan dalam analisis dan perancangan sistem adalah flowchart, Data Flow Diagram (DFD), Entity Relationship Diagram (ERD), dan State Transition Diagram (STD). Dari hasil pengujian dan wawancara evaluasi yang dilakukan dengan Ibu Uay Juariah selaku Ketua Posyandu Cempaka II, disimpulkan bahwa sistem informasi posyandu berbasis web ini dapat memudahkan proses pengolahan, pencarian, dan pelaporan data kegiatan Posyandu Cempaka II. Pada pengembangan selanjutnya, diharapkan sistem informasi posyandu ini dilengkapi dengan fitur grafik pita KMS untuk memantau perkembangan berat badan anak. Kata kunci : sistem informasi posyandu, aplikasi berbasis web, Dynamic System Development Method (DSDM).

RANCANG BANGUN APLIKASI KURIKULUM UNTUK MENDUKUNG MANAJEMEN MUTU BELAJAR MENGAJAR PERGURUAN TINGGI STUDI KASUS ITS

Pendidikan merupakan proses yang terus berkembang
begitu juga dengan komponen yang di dalamnya dalam hal ini
kurikulum sebagai salah satu komponen dari sistem pendidikan
juga mengalami perubahan untuk sistem pendidikan yang lebih
baik. Pada pergantian kurikulum ini akan menghasilkan
kompetensi yang baru yang merupakan perbaikan dari kompetensi
sebelumnya untuk keperluan penjaminan mutu dari ITS di bidang
pembelajaran. Sayangnya bentuk dokumentasi dari penjaminan
mutu tersebut belum ada dalam sistem tertentu yang menampilkan
keperluan untuk penjaminan mutu.
Pada tugas akhir ini dirancang sebuah sistem informasi
yang dapat menangani keperluan di atas. Dengan melakukan
pendataan pada kompetensi masing-masing jurusan berdasarkan
periode kurikulum serta melakukan pendataan pada kelengkapan
elemen kurikulum. Sistem informasi kurikulum SIMKURI dapat
membantu pihak manajemen mutu untuk melakukan monitoring
atas kelengkapan pada kurikulum masing-masing jurusan
terutama yang terkait dengan bidang kompetensi pembelajaran dan
bagian atribut untuk mata kuliah di jurusan.
Dari hasil pengujian pada jurusan di ITS SIMKURI ini
dapat menampilkan kompetensi dari jurusan tersebut serta mampu
untuk melakukan pemetaan kompetensi kurikulum hingga pada
mata kuliah. Selain itu SIMKURI juga dapat menampilkan daftar
kelengkapan mata kuliah terutama terkait dengan silabus dan rencana pembelajaran dari mata kuliah itu sendiri. Diharapkan
dengan digunakannya SIMKURI ini dapat memudahkan pihak
manajemen mutu untuk melakukan evaluasi pada proses
pembelajaran terutama pada bagian kompetensi kurikulum.

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENJADWALAN DOSEN MENGGUNAKAN METODE SIMPLE HILL CLIMBING(STUDI KASUS : PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI SEKOLAH TINGGI KOTA)

Suatu penjadwalan perkuliahan tentunya akan melibatkan banyak pihak dalam dunia pendidikan, di samping mahasiswa, para pengajarlah yang terlibat langsung dalam aktifitas pendidikan. Penjadwalan perkuliahan yang diimplementasikan oleh SEKOLAH TINGGI Kota sampai saat ini masih dilakukan secara manual. Dimulai dengan menyediakan daftar mata kuliah yang diselenggarakan dalam semester tersebut dan juga diperlukannya sebuah daftar yang berisi jadwal kosong dosen dimana nantinya jadwal kosong tersebut digunakan untuk mengajar kuliah-kuliah yang diselenggarakan. Untuk mempermudah proses penjadwalan dosen, dibutuhkan suatu metode yang mampu mengatasi masalah kombinatorial dengan model non linear, yang mencakup banyak data maupun banyak konstrain, yaitu dengan menggunakan metode pencarian heuristik, yaitu metode Simple Hill Climbing. Dengan metode ini penjadwalan dosen menjadi lebih optimal dan cepat. Dengan adanya Sistem Pendukung Keputusan Penjadwalan Dosen ini, penjadwalan dosen akan dapat dengan mudah dilakukan dan diselesaikan serta dapat menghemat tenaga serta waktu. Hasil dari sistem ini berupa informasi jadwal matakuliah dan tentu saja beserta dosen pengajar yang nantinya dapat digunakan sebagai pendukung keputusan dalam penjadwalan.

PEMBUATAN CD INTERACTIVE ‘ISLAMIC ART’ BERBASIS MULTIMEDIA

IslamicArt adalah nama yang penulis tetapkan sebagai tema CD-Interaktif ini. Islam adalah Agama Universal, Agama Rahmatal Lil-‘alamin (bahasa AlQUr’annya). Pada zaman kejayaannya Islam membentang dan dianut hampir seluruh manusia dibelahan bumi pertiwi,sehingga banyak sekali karya-karya Islam, baik berupa seni suara, relief, bangunan bersejarah serta kemajuan teknologi lainnya yang bernuansa Islam yang tidak sempat semua umat mengetahui akan hal itu. Sangat disayangkan karya-karya besar itu tidak dijaga dan dilestarikan. Oleh karenanya, Penulis berusaha mencoba dan menyajikan sebagian kecil dari karya-karya besar umat Islam ini dalam bentuk CD-Interaktif sebagai upaya untuk memberikan informasi, wawasan dan hiburan kepada umat Islam khususnya secara interaktif dengan menggunakan media komputer. Secara umum CD Interaktif – IslamicArt ini memberikan informasi secara informatif tentang karya-karya Islam yang dirancang untuk khalayak umum, dan umat Islam khususnva.

RANCANG BANGUN PROGRAM PENGONTROLAN KUALITAS PRODUKSI DALAM PEMBUATAN OBAT DI PERUSAHAAN FARMASI PT. CAPSULGELL DENGAN METODE CPOB DAN KALIBRASI

PT. Capsulgell yang ada di PIER Pasuruan merupakan suatu perusahaan Manufaktur yang bergerak di bidang Farmasi. Dalam rangka menjaga dan meningkatkan mutu Obat yang diproduksi, maka diusahakan suatu sistem kontrol terhadap kualitas produksi. Kontrol kualitas produksi yang baik pastilah dapat menjamin mutu dan khasiat obat yang diproduksi. Oleh sebab itulah perlu dirancang suatu sistem pengontrolan kualitas produksi yang benar-benar akurat, yaitu dengan menggunakan metode Kalibasi dan Cara Pembuatan Obat yang Baik dan Benar. Sistem ini meliputi kontrol kualitas bahan awal yang diterima dari Suplier, kontrol kualitas Obat yang diproduksi dan laporan pendukung. Pembuatan sistem informasi kontrol kualitas produksi ini menggunakan perangkat lunak Microsoft Visual Basic untuk desain tampilan antar-muka sistem dan penulisan listing programnya, serta Microsoft Access untuk pengolahan basis data (data base). Perancangan Sistem Pengontrolan Kualitas Produksi dalam Pembuatan Obat dengan Metode Kalibrasi di PT. Capsulgell ini diharapkan dapat menyajikan informasi secara cepat, tepat, dan akurat kepada Quality Assurance, sehingga dapat memperlancar dalam penyelesaian tugas-tugas dari bagian Bussines Local Section.