DESIGN AND IMPLEMENTATION OF ANDROID BASED AUDIO COMMUNICATION OVER WIRELESS LOCAL NETWORK USING JOINT CODING RATE CONTROL ALGORITHM

Perkembangan aplikasi Android dewasa ini sangat pesat aplikasi dikembangkan untuk menyelesaikan permasalahan diberbagai bidang. Saat ini ada beberapa kategori aplikasi Android yang dikembangkan seperti game aplikasi media sosial bahkan aplikasi yang menggantikan komunikasi telepon seperti aplikasi pengirim pesan komunikasi audio atau video. Aplikasi komunikasi audio merupakan salah satu yang popular. Seringkali kualitas kualitas pengiriman audio menurun seiring dengan penurunan kualitas jaringan sehingga menyebabkan komunikasi menjadi kurang nyaman. Smartphone Android saat ini kebanyakan sudah dilengkapi dengan konektivitas seperti bluetooth dan Wi-Fi. Smartphone Android mulai dari versi 4.0 saat ini juga sudah bisa mendukung koneksi langsung antar peers dan juga low-level audio API untuk pengaksesan driver suara dari perangkat. Pada tugas akhir ini mengusulkan solusi permasalahandengan memanfaatkan teknologi Android dengan membuat aplikasi audio yang bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan menggunakan infrastruktur yang sudah ada maupun dengan menggunakan koneksi langsung antar peers dengan peningkatan kualitas audio berdasarkan kualitas kanal pada jaringan mengimplementasikan algoritma Modified Join Coding Rate Control JCRC yang memaksimalkan troughput dan meminimalkan delay. Pengujian yang dilakukan dengan metode ini mendapatkan hasil bahwa metode ini mampu menjaga kualitas suara dan mempertahankan delay.

DESIGN AND IMPLEMENTATION CURRICULUM INFORMATION SYSTEM TO SUPPORT QUALITY ASSURANCE IN LEARNING AND TEACHING FIELD OF UNIVERSITY CASE STUDY ITS

Pendidikan merupakan proses yang terus berkembang
begitu juga dengan komponen yang di dalamnya dalam hal ini
kurikulum sebagai salah satu komponen dari sistem pendidikan
juga mengalami perubahan untuk sistem pendidikan yang lebih
baik. Pada pergantian kurikulum ini akan menghasilkan
kompetensi yang baru yang merupakan perbaikan dari kompetensi
sebelumnya untuk keperluan penjaminan mutu dari ITS di bidang
pembelajaran. Sayangnya bentuk dokumentasi dari penjaminan
mutu tersebut belum ada dalam sistem tertentu yang menampilkan
keperluan untuk penjaminan mutu.
Pada tugas akhir ini dirancang sebuah sistem informasi
yang dapat menangani keperluan di atas. Dengan melakukan
pendataan pada kompetensi masing-masing jurusan berdasarkan
periode kurikulum serta melakukan pendataan pada kelengkapan
elemen kurikulum. Sistem informasi kurikulum SIMKURI dapat
membantu pihak manajemen mutu untuk melakukan monitoring
atas kelengkapan pada kurikulum masing-masing jurusan
terutama yang terkait dengan bidang kompetensi pembelajaran dan
bagian atribut untuk mata kuliah di jurusan.
Dari hasil pengujian pada jurusan di ITS SIMKURI ini
dapat menampilkan kompetensi dari jurusan tersebut serta mampu
untuk melakukan pemetaan kompetensi kurikulum hingga pada
mata kuliah. Selain itu SIMKURI juga dapat menampilkan daftar
kelengkapan mata kuliah terutama terkait dengan silabus dan rencana pembelajaran dari mata kuliah itu sendiri. Diharapkan
dengan digunakannya SIMKURI ini dapat memudahkan pihak
manajemen mutu untuk melakukan evaluasi pada proses
pembelajaran terutama pada bagian kompetensi kurikulum.

PSI : RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI PT. CHALIDANA INTI PERMATA

PT. Chalidana Inti Permata adalah suatu perusahaan yang bergerak di bidang properti khususnya di bidang perumahan. Kebanyakan permasalahan yang terjadi di perusahaan ini dikarenakan proses yang ada pada perusahaan tersebut masih dilakukan secara manual sehingga mengakibatkan proses yang ada menjadi terhambat. Berdasarkan hasil survey, pengamatan dan penganalisisan masalah yang ada, maka ditemukan solusi untuk mengatasi permasalahan yang ada. Solusi tersebut adalah dengan merancang bangun sistem informasi administrasi, yaitu ”Rancang Bangun Sistem Informasi Administrasi PT. Chalidana Inti Permata”. Dengan diterapkannya sistem ini pada PT. Chalidana Inti Permata, diharapkan dapat memperbaiki sistem yang ada sehingga dapat membuat pekerjaan menjadi cepat, tepat dan akurat. Hal ini dapat mempermudah dalam penyajian informasi yang efektif dan efisien baik bagi karyawan maupun pimpinan perusahaan sehingga kedua belah pihak mendapatkan pelayanan yang memuaskan.

DESIGN AND IMPLEMENTATION OF ANDROID BASED AUDIO COMMUNICATION OVER WIRELESS LOCAL NETWORK USING JOINT CODING RATE CONTROL ALGORITHM

Perkembangan aplikasi Android dewasa ini sangat pesat aplikasi dikembangkan untuk menyelesaikan permasalahan diberbagai bidang. Saat ini ada beberapa kategori aplikasi Android yang dikembangkan seperti game aplikasi media sosial bahkan aplikasi yang menggantikan komunikasi telepon seperti aplikasi pengirim pesan komunikasi audio atau video. Aplikasi komunikasi audio merupakan salah satu yang popular. Seringkali kualitas kualitas pengiriman audio menurun seiring dengan penurunan kualitas jaringan sehingga menyebabkan komunikasi menjadi kurang nyaman. Smartphone Android saat ini kebanyakan sudah dilengkapi dengan konektivitas seperti bluetooth dan Wi-Fi. Smartphone Android mulai dari versi 4.0 saat ini juga sudah bisa mendukung koneksi langsung antar peers dan juga low-level audio API untuk pengaksesan driver suara dari perangkat. Pada tugas akhir ini mengusulkan solusi permasalahandengan memanfaatkan teknologi Android dengan membuat aplikasi audio yang bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan menggunakan infrastruktur yang sudah ada maupun dengan menggunakan koneksi langsung antar peers dengan peningkatan kualitas audio berdasarkan kualitas kanal pada jaringan mengimplementasikan algoritma Modified Join Coding Rate Control JCRC yang memaksimalkan troughput dan meminimalkan delay. Pengujian yang dilakukan dengan metode ini mendapatkan hasil bahwa metode ini mampu menjaga kualitas suara dan mempertahankan delay.

PA : DESAIN COMPANY PROFILE & BROSUR MICROMEDIA

Dalam pengertian umum dari sebuah company profile dan brosur adalah sesuatu bentuk benda atau media yang dapat digunakan sebagai sarana informasi kepada masyarakat terhadap sebuah bentuk organisasi atau sebuah perusahaan. Dalam hal ini suatu media company profile dan brosur tidak hanya memberikan informasi terhadap keorganisasian suatu perusahaan tersebut namun juga media tersebut dapat juga memberikan informasi tentang hal-hal lain yang perlu disampaikan agar dapat lebih dipahami.

PEMBUATAN CD INTERAKTIF COMPANY PROFILE ‘IDA STUDIO SENAM & FITNESS’

Ida Studio Senam & Fitness adalah salah satu Studio Senam & Fitness yang berada di kawasan Kodam V Brawijaya tepatnya di Jl. Batang Hari No. 12, Kota. Studio Senam & Fitness ini menawarkan suatu program kebugaran olah tubuh,kesehatan dan pengobatan. Adapun program – program yang dimaksud adalah berbagai macam senam (aerobic,body language,beauty body,taebo dan senam sex) yang berfungsi untuk membentuk tubuh menjaga kebugaran,pernafasan serta bagus untuk jantung dan paru-paru. Fitness berfungsi untuk pembentukan tubuh lebih cepat dibanding senam, melatih pernafasan, pembesaran otot bisep (lengan atas), trisep (lengan bawah), menguatkan kaki, paha dan semua bagian badan. Penyembuhan yang dilakukan dengan meditasi & Visiotherapy untuk orang yang menderita penyakit asma, sulit mendapatkan keturunan. Fasilitas Senam & Fitness yang lengkap serta instruktur-instruktur yang ramah membuat pengunjung nyaman untuk mengikuti semua program kebugaran yang ada. Untuk sarana publikasi Studio ini membuat suatu brosur yang berisi tentang apa saja fasilitas,harga dan jadwal latihan. Dengan maksud membuat suatu media yang lebih praktis dan efisien dengan kemajuan teknologi, maka timbullah suatu ide untuk membuat suatu media yang dapat menampung segala macam bentuk informasi kedalam suatu media Compaq Disk yang dijalankan secara interaktif dengan menggunakan komputer. Adapun materi yang dipakai, penyusun berusaha mengumpulkan berbagai macam materi yang sudah ataupun yang belum pernah di publikasikan oleh pihak Ida Studio Senam & Fitness Kota. Secara umum media ini merupakan suatu profile tentang IDA STUDIO SENAM & FITNESS.

IMPLEMENTATION OF HOUSE EDITOR AND SOCIAL FEATURES ON CARD WARLOCK SAGA ANDROID SOCIAL GAME-BASED

Card Warlock Saga adalah aplikasi permainan sosial yang juga
mengandung unsur RPG turn-based game dan card game sehingga bisa
dikatakan permainan ini bergenre turn-based collectible card yaitu bertema
turn-based yang menggunakan kartu sebagai mekanisme pertarungan
permainan. Pemain memiliki satu hero yang dikendalikan dan set kartu
sebagai mekanisme pertarungan.
Dikarenakan permainan ini merupakan permainan sosial maka
permainan ini dibuat agar antar pemain dapat terjadi interaksi sehingga
diimplementasikanlah fitur-fitur yang mendukung interaksi antar pemain
seperti menambah teman saling bertukar barang dan mengirim pesan. Dan
permainan ini akan diintegrasikan dengan jejaring sosial Facebook.
Integrasi antara aplikasi permainan ini dengan jejaring sosial
Facebook akan dibuat menggunakan kakas Facebook SDK for Unity dengan
menggunakan layanan Facebook API. Dengan adanya integrasi dengan
Facebook diharapkan agar memudahkan interaksi yang terjadi antar
pemain.

SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS UNTUK MITIGASI BENCANA ALAM DI PROPINSI BALI

Kepulauan Indonesia merupakan produk interaksi dari tiga buah lempeng tektonik yang mempengaruhi kondisi kestabilan wilayah Indonesia dari potensi gempa bumi. Pusat-pusat gempa akibat interaksi dari tiga buah lempeng tadi banyak tersebar di wilayah Indonesia. Hal ini menjadikan Indonesia merupakan daerah yang rawan terhadap berbagai bencana alam, termasuk Propinsi Bali salah satunya Berbagai upaya dilakukan untuk meminimalkan dampak yang diakibatkan oleh bencana alam salah satunya adalah dengan usaha mitigasi bencana. Usaha mitigasi bencana terdiri dari tiga tahap yaitu tahap sebelum terjadi bencana dimana usaha yang dilakukan yaitu memperkecil tingkat kerentanan dan bahaya suatu bencana dengan cara melakukan pembangunan rumah tahan terhadap bencana, tahap pada saat terjadinya bencana dilakukan usaha penyelamatan terhadap korban bencana dengan cara melakukan evakuasi korban dan tahap yang terakhir yaitu paska kejadian bencana, usaha yang dilakukan adalah menyajikan informasi pembangunan dan penataan kembali lahan bencana agar kehidupan masyarakat dapat kembali berjalan normal seperti sebelum terjadinya bencana. Oleh karena itu usaha mitigasi bencana sangat diperlukan untuk dapat memperkecil kerugian baik secara langsung maupun tidak langsung yang disebabkan oleh suatu bencana agar perencanaan dan pembangunan wilayah dapat dilakukan sesuai dengan prinsip pembangunan.

OPTIMASI PEMILIHAN PERANGKAT LUNAK ERP PADA PERUSAHAAN MENGGUNAKAN MULTI-CRITERIA DECISION MAKING FUZZY-AHP DAN TOPSIS

Proses penggunaan perangkat lunak ERP pada sebuah
perusahaan terdiri dari tiga bagian yakni proses pemilihan
proses implementasi dan proses evaluasi. Proses pemilihan
perangkat lunak merupakan faktor yang sangat penting untuk
menunjang keberhasilan pada proses selanjutnya. Untuk memilih
perangkat lunak ERP diperlukan sebuah teknik Multi Criteria
Decision Making MCDM. Pada tugas akhir ini metode yang
digunakan yakni Fuzzy-AHP dan TOPSIS.
Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik kriteria yang
digunakan pada MCDM berdasar ISOIEC 25022 Software
Measurement of Quality in Use. Kriteria ini menunjukkan kualitas
sebuah sistem ketika digunakan. Teknik business process matching
dengan Beehivez digunakan sebagai salah satu pengukuran
kriteria.
Hasil uji coba menunjukkan bahwa metode tersebut berhasil
diimplementasikan pada sistem.

OPTIMASI PEMILIHAN PERANGKAT LUNAK ERP PADA PERUSAHAAN MENGGUNAKAN MULTI-CRITERIA DECISION MAKING FUZZY-AHP DAN TOPSIS

Proses penggunaan perangkat lunak ERP pada sebuah
perusahaan terdiri dari tiga bagian yakni proses pemilihan
proses implementasi dan proses evaluasi. Proses pemilihan
perangkat lunak merupakan faktor yang sangat penting untuk
menunjang keberhasilan pada proses selanjutnya. Untuk memilih
perangkat lunak ERP diperlukan sebuah teknik Multi Criteria
Decision Making MCDM. Pada tugas akhir ini metode yang
digunakan yakni Fuzzy-AHP dan TOPSIS.
Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik kriteria yang
digunakan pada MCDM berdasar ISOIEC 25022 Software
Measurement of Quality in Use. Kriteria ini menunjukkan kualitas
sebuah sistem ketika digunakan. Teknik business process matching
dengan Beehivez digunakan sebagai salah satu pengukuran
kriteria.
Hasil uji coba menunjukkan bahwa metode tersebut berhasil
diimplementasikan pada sistem.