RANCANG BANGUN SISTEM PELACAKAN DOKUMEN MEMANFAATKAN FUSE DAN SAMBA FILE-SYSTEM STUDI KASUS PT. ANEKA TUNA INDONESIA

Saat ini dokumen digital merupakan aspek penting dalam
dunia bisnis. Dokumen digital memuat data-data penting
perusahaan baik berupa data produksi sampai data keuangan.
Dokumen digital dalam perusahaan dapat diakses oleh orangorang
dalam perusahaan dengan menggunakan media berbagi
data. Sehingga dokumen digital rentan terhadap kebocoran baik
dari dalam maupun dari luar perusahaan. Dan apabila terjadi
kebocoran maka perusahaan akan banyak menderita kerugian.
Untuk mencegah terjadinya kebocoran dokumen digital khususnya
dari dalam perusahaan maka perlu pengamanan terhadap
dokumen digital dengan cara menyisipkan sebuah informasi
khusus ke dalam setiap dokumen digital yang disalin oleh orangorang
dari dalam perusahaan.
Berdasarkan permasalahan diatas maka dibuatlah suatu
sistem yang bisa memasukkan sebuah informasi secara transparan
ke dalam dokumen digital yang disalin oleh orang-orang yang
berada di dalam perusahaan dengan menggunakan FUSE dan
Samba sebagai media berbagi data.
Dari ujicoba yang dilakukan informasi yang berhasil
dimasukkan ke dalam beberapa jenis dokumen digital. Akan tetapi
mempengaruhi waktu dan kecepatan pengiriman dokumen. Hasil
ini menunjukkan bahwa penyisipan informasi secara transparan ke
dalam dokumen digital dapat dilakukan dengan menggunakan
FUSE walaupun mempengaruhi waktu dan kecepatan pengiriman
dokumen digital.

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENJADWALAN DOSEN MENGGUNAKAN ALGORITMA SIMULATED ANNEALING( STUDI KASUS : PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI SEKOLAH TINGGI KOTA)

Suatu penjadwalan perkuliahan tentunya akan melibatkan banyak pihak dalam dunia pendidikan, di samping mahasiswa, para pengajarlah yang terlibat langsung dalam aktifitas pendidikan. Penjadwalan perkuliahan yang diimplementasikan oleh SEKOLAH TINGGI Kota sampai saat ini masih dilakukan secara manual. Dimulai dengan menyediakan daftar mata kuliah yang diselenggarakan dalam semester tersebut dan juga diperlukannya sebuah daftar yang berisi jadwal kosong dosen dimana nantinya jadwal kosong tersebut digunakan untuk mengajar kuliah-kuliah yang diselenggarakan. Untuk mempermudah proses penjadwalan dosen, dibutuhkan suatu metode yang mampu mengatasi masalah kombinatorial dengan model non linear, yang mencakup banyak data maupun banyak konstrain, yaitu dengan menggunakan metode pencarian heuristik, yaitu algoritma Simulated Annealing. Dengan metode ini penjadwalan dosen menjadi lebih optimal dan cepat. Dengan adanya Sistem Pendukung Keputusan Penjadwalan Dosen ini, penjadwalan dosen akan dapat dengan mudah dilakukan dan diselesaikan serta dapat menghemat tenaga serta waktu. Hasil dari sistem ini berupa informasi jadwal matakuliah dan tentu saja beserta dosen pengajar yang nantinya dapat digunakan sebagai pendukung keputusan dalam penjadwalan.

SISTEM INFORMASI BIAYA DAN PAKET WISATA PROPINSI JAWA TIMUR BERBASIS WEB

Bidang pariwisata merupakan salah satu bidang industri yang saat ini berpotensi dan yang diandalkan di Indonesia untuk memperoleh devisa negara di masa sekarang dan juga masa yang akan datang khususnya. Propinsi Jawa Timur merupakan salah satu propinsi yang memiliki daya tarik dalam bidang pariwisata. Selama ini calon wisatawan masih mengalami kesulitan dalam mencari informasi pariwisata Propinsi Jawa Timur dan informasi biaya wisata yang diperlukan calon wisatawan untuk berwisata. Sistem Informasi Biaya dan Paket Wisata Propinsi Jawa Timur Berbasis Web dibuat untuk mengatasi berbagai permasalahan yang telah disebutkan. Informasi biaya wisata memberikan informasi bagi calon wisatawan jumlah biaya yang dibutuhkan untuk berwisata. Selain itu sistem ini akan memberikan informasi paket wisata dan menu pemesanan paket wisata. Berdasarkan hasil uji coba, aplikasi ini dapat menyajikan informasi pariwisata, informasi biaya wisata, dan informasi paket wisata. Aplikasi ini juga mendukung beberapa browser. Dengan demikian, aplikasi ini dapat digunakan sebagai alat bantu dalam penyampaian informasi pariwisata di Propinsi Jawa Timur.

PERANCANGAN APLIKASI COMPANY PROFILE PT.MESANA GROP BERBASIS MULTIMEDIA

Ajang Sopandi, Perancangan Aplikasi Company Profile PT. MESANA GROUP Berbasis Multimedia. (Dibawah bimbingan Victor Amrizal, M.Kom dan Ir. Balui La Katjong, MT, M.Kom). Perkembangan multimedia berjalan sangat pesat semng dengan perkembangan teknologi komputer. Multimedia banyak digunakan dalam dunia bisnis, contohnya untuk periklanan, pendidikan, pembuatan company profile, media presentasi, broadcast, dan lain-lain. Teknologi multimedia merupakan salah satu teknologi yang mengintergrasikan komputer dengan berbagai media interaksi untuk menghasilkan suatu sistem aplikasi yang interaktif dan menarik. Penggunaan multimedia mampu membuat suatu terobosan barn dalam menciptakan dinamika kemasan data dan informasi dengan cara yang berbeda, bukan hanya dengan teks statis tetapi dengan animasi teks, gambar, suara, serta video. Penerapan multimedia pada perusahaan banyak dilakukan untuk dapat membantu dalam mempromosikan perusahaan. Penerapan tersebut salah satunya dalam bentuk aplikasi company profile. Adapun tujuan pembuatan aplikasi company profile berbasis multimedia ini adalah untuk membantu produsen dalam mempromosikan perusahaan, dimana aplikasi ini nantinya bisa juga digunakan sebagai media/alat presentasi bisnis. Dan juga dapat mempermudah konsumen untuk mengetahui informasi tentang perusahaan. Metode penelitian yang digunakan pada pembuatan aplikasi company profile berbasis multimedia ini terdiri dari dua metode, yaitu : metode pengumpulan data yang meliputi studi kepustakaan dan metode observasi, serta metode pengembangan aplikasi multimedia yang meliputi konsep, desain, pengumpulan materi, pembuatan, tes program, dan distribusi (implementasi). Dengan adanya company profile berbasis multimedia ini diharapkan dapat membantu PT. MESANA GROUP bersaing dengan perusahaan lain yang sejenis untuk mendapatkan konsllll1en.

DESIGN AND IMPLEMENTATION OF PLATFORM AS A SERVICE TO SERVE A MULTI-TENANCY APPLICATION PLATFORM BASED ON CLOUD COMPUTING

Layanan hosting aplikasi atau sering disebut Application Hosting Web Hosting merupakan layanan yang jamak tersedia di Indonesia. Layanan ini memberikan wadah bagi siapapun untuk menempatakan aplikasi Web mereka beserta basis datanya di jaringan Internet tanpa perlu menyediakan sendiri infrastruktur Internet terdedikasi. Layanan ini memiliki berbagai macam bentuk. Salah satu yang paling banyak tersedia di Indonesia adalah Shared Web Hosting yang menyediakan layanan yang sangat murah. Pada jenis layanan ini penyewa hanya diberikan satu buah platform yang sama dengan aplikasi yang disimpan bersamaan pada satu buah server sehingga memungkinkan adanya bottleneck. Selain itu terdapat jenis layanan lain yaitu Virtual Private Server VPS yang menyediakan kendali penuh pada sistem melalui teknik yang disebut virtualisasi namun dengan konfigurasi yang sangat kompleks. Saat ini terdapat jenis layanan hosting baru yang disebut dengan Cloud Web Hosting. Layanan ini mengadopsi prinsip komputasi awan yaitu berupa Platform-as-a-Service PaaS yang menyediakan jasa platform bagi pengembang Web untuk menempatkan aplikasi mereka di Internet. Layanan ini menawarkan fitur untuk transparansi akses multi-platform skalabilitas reliabilitas keterbukaan API dan kemudahan pengguna. Namun layanan ini saat masih sangat jarang terutama di Indonesia yang masih menggunakan platform yang sama dengan Shared Web Hosting. Pada tugas akhir ini dilakukan perancangan dan implementasi sistem hosting atau pengembangan aplikasi yang mendukung banyak tenantpenyewa Multi-Tenancy mendukung banyak platform dan mendukung tiga prinsip komputasi awan yaitu self-service resource pooling dan metered service. Sistem ini mengadopsi beberapa fitur yang ada di Cloud Web Hosting modern sehingga bisa dibangun oleh pihak ketiga dengan mudah.

DESIGN AND IMPLEMENTATION OF ANDROID BASED AUDIO COMMUNICATION OVER WIRELESS LOCAL NETWORK USING JOINT CODING RATE CONTROL ALGORITHM

Perkembangan aplikasi Android dewasa ini sangat pesat aplikasi dikembangkan untuk menyelesaikan permasalahan diberbagai bidang. Saat ini ada beberapa kategori aplikasi Android yang dikembangkan seperti game aplikasi media sosial bahkan aplikasi yang menggantikan komunikasi telepon seperti aplikasi pengirim pesan komunikasi audio atau video. Aplikasi komunikasi audio merupakan salah satu yang popular. Seringkali kualitas kualitas pengiriman audio menurun seiring dengan penurunan kualitas jaringan sehingga menyebabkan komunikasi menjadi kurang nyaman. Smartphone Android saat ini kebanyakan sudah dilengkapi dengan konektivitas seperti bluetooth dan Wi-Fi. Smartphone Android mulai dari versi 4.0 saat ini juga sudah bisa mendukung koneksi langsung antar peers dan juga low-level audio API untuk pengaksesan driver suara dari perangkat. Pada tugas akhir ini mengusulkan solusi permasalahandengan memanfaatkan teknologi Android dengan membuat aplikasi audio yang bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan menggunakan infrastruktur yang sudah ada maupun dengan menggunakan koneksi langsung antar peers dengan peningkatan kualitas audio berdasarkan kualitas kanal pada jaringan mengimplementasikan algoritma Modified Join Coding Rate Control JCRC yang memaksimalkan troughput dan meminimalkan delay. Pengujian yang dilakukan dengan metode ini mendapatkan hasil bahwa metode ini mampu menjaga kualitas suara dan mempertahankan delay.

ANALISA KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP KUALITAS LAYANAN SISTEM INFORMASI RBTC BERBASIS SENAYAN DI JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA -ITS

Makalah ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan pengguna terhadap kualitas layanan sistem informasi Ruang Baca Jurusan Teknik Informatika ITS Surabaya. Pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner kepada pengguna di Ruang Baca Jurusan Teknik Informatika ITS Surabaya pada bulan Mei dan Agustus 2015. Sampel yang diambil sejumlah 95 dan 91 responden dengan menggunakan teknik accidental sampling. Analisa yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Pengujian tingkat kualitas dengan menggunakan metode webqual yang mengukur kualitas website berdasarkan persepsi pengguna akhir. Pemodelan webqual ini terdiri dari 3 variabel pembentuk yang mempengaruhi tingkat kualias website yaitu variabel kegunaan variabel kualitas informasi dan variabel kualitas interaksi pelayanan. Hasil skor kriteria di penilaian berdasarkan rata-rata secara kesuluruhan pada variabel kegunaan ada peningkatan dari 28 menjadi 31 setelah diuji kembali berdasarkan rekomendasi. Rekomendasi yang diberikan berdasarkan aspek-aspek pembentuk ke 3 variabel tersebut dengan memperhatikan beberapa guideline dari The U.S Department of Health and Human Services HHS. Hasil penyempurnaan akhir adalah desain sistem informasi Ruang Baca Jurusan Teknik Informatika yang baru.

PENGATURAN HAK AKSES USER PADA JARINGAN LOKAL MENGGUNAKAN ACTIVE DIRECTORY WINDOWS SERVER 2008 : STUDI KASUS PT. PRAISINDO TEKNOLOGI

PT. Praisindo Teknologi hanya menggunakan sistem jaringan sederhana yang hanya mengkoneksikan seluruh PC dengan sebuah server sehingga semua PC dapat terhubungkan, tanpa ada sistem yang mengatur hak akses si pengguna PC tersebut. Di PT. Praisindo Teknologi beberapa kali ditemukan tindak tidak disiplin pegawainya yang dapat mengganggu kinerja user. Untuk membatasi hak akses karyawan diperlukan sebuah sistem jaringan yang memakai policy untuk membatasi hak akses karyawan agar peluang ketidakdisiplinan tersebut dapat dikurangi. Masalah ini dapat diatasi dengan menerapkan active directory dimana Active directory (AD) mempunyai fungsi diantaranya untuk mengatur otentifikasi dan hak akses kedalam suatu resource didalam jaringan. Redirection Folder Policy mengalihkan secara otomatis media penyimpanan data yang berada di PC menuju folder yang sudah ditetapkan di server. Logon Hours menjadwalkan user kapan saja diperbolehkan join ke dalam domain. Prevent USB policy membatasi agar hanya beberapa user yang bisa mengakses all removable device. Software Restriction Policy memblok aplikasi yang tidak diperbolehkan. Dengan diterapkannya sistem ini resource yang berada didalam jaringan menjadi lebih teratur sehingga permasalahan yang berkaitan dengan ketidakdisiplinan bisa diminimalisir.

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN BANTUAN BAGI MASYARAKAT MISKIN DI DESA DOKO KECAMATAN NGASEM KEDIRI MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING

RADOVAN ARDI PRATAMA : Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Bantuan Bagi Masyarakat Miskin Di Desa Doko Kecamatan Ngasem Kediri Menggunakan Metode Simple Additive Weighting, Skripsi, Teknik Informatika, FT UN PGRI Kediri, 2016. Dalam skripsi ini penulis membahas tentang Sistem Pendukung yang bertujuan untuk membantu mempermudah petugas administrator. Keputusan Peerimaan Bantuan Bagi Masyarakat Miskin menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) untuk menyeleksi calon penerima bantuan di desa Doko tersebut, diharapkan hasil dari program ini dapat lebih cepat, tepat dan akurat serta efektif dalam mengolah data penduduk yang berhak mendapatkan bantuan. Dalam penelitian ini terdapat beberapa dasar teori yang digunakan peneliti untuk pembuatan skripsi yaitu Pemanfaatan SPK (Sistem Pendukung Keputusan) menggunakan Simple Additive Weighting (SAW) merupakan alternatif pilihan terbaik berkenaan dengan masalah penerimaan bantuan bagi masyarakat miskin berdasarkan penentuan urutan (prioritas). Dalam hal ini metode Simple Additive Weighting menjadi alternatif pilihan yang tepat karena mampu menyeleksi alternatif terbaik dari sejumlah alternatif, dalam hal ini alternatif yang dimaksudkan yaitu yang berhak menerima bantuan berdasarkan kriteria-kriteria yang ditentukan. Untuk melakukan perhitungan dalam kasus ini dilakukan dengan mencari alternative terbaik bedasarkan kriteria-kriteria yang telah ditentukan dengan mengggunakan metode SAW (Simple Additive Weighting). Proses yang dilakukan adalah perankingan dari hasil pembobotan masing-masing atribut untuk memperoleh alternatif optimal yaitu masyarakat yang paling layak. Kata Kunci : Penerimaan Bantuan Masyarakat Miskin, SPK, Simple Additive Weighting (SAW).