DESIGN AND IMPLEMENTATION OF ANDROID BASED AUDIO COMMUNICATION OVER WIRELESS LOCAL NETWORK USING JOINT CODING RATE CONTROL ALGORITHM

Perkembangan aplikasi Android dewasa ini sangat pesat aplikasi dikembangkan untuk menyelesaikan permasalahan diberbagai bidang. Saat ini ada beberapa kategori aplikasi Android yang dikembangkan seperti game aplikasi media sosial bahkan aplikasi yang menggantikan komunikasi telepon seperti aplikasi pengirim pesan komunikasi audio atau video. Aplikasi komunikasi audio merupakan salah satu yang popular. Seringkali kualitas kualitas pengiriman audio menurun seiring dengan penurunan kualitas jaringan sehingga menyebabkan komunikasi menjadi kurang nyaman. Smartphone Android saat ini kebanyakan sudah dilengkapi dengan konektivitas seperti bluetooth dan Wi-Fi. Smartphone Android mulai dari versi 4.0 saat ini juga sudah bisa mendukung koneksi langsung antar peers dan juga low-level audio API untuk pengaksesan driver suara dari perangkat. Pada tugas akhir ini mengusulkan solusi permasalahandengan memanfaatkan teknologi Android dengan membuat aplikasi audio yang bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan menggunakan infrastruktur yang sudah ada maupun dengan menggunakan koneksi langsung antar peers dengan peningkatan kualitas audio berdasarkan kualitas kanal pada jaringan mengimplementasikan algoritma Modified Join Coding Rate Control JCRC yang memaksimalkan troughput dan meminimalkan delay. Pengujian yang dilakukan dengan metode ini mendapatkan hasil bahwa metode ini mampu menjaga kualitas suara dan mempertahankan delay.

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN KARYAWAN MENGGUNAKAN METODE COMPARATIVE PERFORMANCE INDEX

Elfa Miftakhul Jannah: Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Karyawan Menggunakan Metode Comparative Performance Index, Skripsi, Sistem Informasi, FT UN PGRI Kediri, 2016. Kata kunci: Sistem Pendukung Keputusan, Penerimaan Karyawan, Seleksi, Comparative Performance Index. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman penelitian, bahwa sistem penerimaan calon karyawan masih banyak yang manual sehingga mengakibatkan karyawan barunya tidak sesuai yang diharapkan oleh perusahaan Penentukan calon karyawan dengan kriteria-kriteria yang diberikan oleh perusahaan dengan jumah data yang banyak memungkinkan akan terjadi kesalahan bila dikerjakan dengan manual. Permasalahan penelitian ini adalah Bagaimana membuat aplikasi untuk mengefektifkan pengambilan keputusan penerimaan karyawan dengan pendekatan Comparative Performance Index (CPI)? Penelitian ini menggunakan pendekatan Comparative Performance Index (CPI) yang merupakan indeks gabungan (Composite Index) yang dapat digunakan untuk menentukan penilaian atau peringkat dari berbagai alternatif (i) berdasarkan beberapa kriteria (j). CPI dapat menyelesaikan masalah pengambilan keputusan dengan banyak kriteria dimana arah, rentang dan besaran untuk masing-masing kriteria tidak sama (Marimin dan Nurul Maghfiroh, 2010). Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Dengan diterapkannya pendekatan Metode Comparative Performance Index dalam sistem pendukung keputusan penerimaan karyawan ini, hasil yang didapat menjadi lebih cepat dan dalam menentukan pemohon karyawan yang diterima. (2) Diharapkan bahwa program ini dapat membantu mempermudah manager personalia menentukan penerimaan karyawan. (3) Dimanfaatkannya rancangan database sebagai tempat penyimpanan dan pengelolaan data karyawan yang lebih terjamin keamanannya.

IMPLEMENTASI ENAM MODUL MINI GAMES DENGAN MENERAPKAN BUILDER PATTERN UNTUK SISTEM PERMAINAN HEART MEISTER PADA UNITY 2D

Heart Meister merupakan permainan sosial pada perangkat
smartphone. Permainan Heart Meister bergenre Role Play Game RPG
dengan tema fantasi. Permainan ini berfokus pada pertarungan antar pet
yang dimiliki pemain. Setiap pet memiliki atribut sebagai indikator
kekuatannya. Level dari masing-masing atribut bisa dinaikkan dengan
menyelesaikan dungeon yang ada. Akan tetapi terkadang pemain ingin
menaikkan level dari atribut tersebut secepat mungkin untuk menjadikan
pet-nya semakin kuat. Masalah lain yaitu pet yang bukan merupakan pet
utama dari pemain akan susah dinaikkan level atributnya karena jarang
atau tidak pernah dipakai. Dengan demikian dibutuhkan suatu sistem
untuk menaikkan level atribut dari pet secara cepat dan menarik.
Modul mini game ini dibuat dengan tujuan untuk memenuhi
kebutuhan penaikan level atribut dari pet pada permainan Heart Meister.
Masing-masing atribut dari pet dapat dinaikkan dengan jenis mini game
yang berbeda. Hasil penaikan level atribut yang didapat berdasarkan
berhasil atau tidaknya pemain dalam menyelesaikan mini game.
Modul mini games dibangun dengan menerapkan konsep Builder
Pattern. Builder pattern digunakan untuk mengatur pembuatan level
pada mini game. Dengan penerapan builder pattern ini pembuatan level
dari tiap mini game ditangani oleh kelas yang sama. Dengan demikian
penerapan builder pattern ini akan memudahkan jika terjadi
penambahan level dari mini game.

DESIGN OF DOCUMENT TRACKING SYSTEM UTILIZING FUSE AND SAMBA FILE-SYSTEM CASE STUDY IN PT. ANEKA TUNA INDONESIA

Saat ini dokumen digital merupakan aspek penting dalam
dunia bisnis. Dokumen digital memuat data-data penting
perusahaan baik berupa data produksi sampai data keuangan.
Dokumen digital dalam perusahaan dapat diakses oleh orangorang
dalam perusahaan dengan menggunakan media berbagi
data. Sehingga dokumen digital rentan terhadap kebocoran baik
dari dalam maupun dari luar perusahaan. Dan apabila terjadi
kebocoran maka perusahaan akan banyak menderita kerugian.
Untuk mencegah terjadinya kebocoran dokumen digital khususnya
dari dalam perusahaan maka perlu pengamanan terhadap
dokumen digital dengan cara menyisipkan sebuah informasi
khusus ke dalam setiap dokumen digital yang disalin oleh orangorang
dari dalam perusahaan.
Berdasarkan permasalahan diatas maka dibuatlah suatu
sistem yang bisa memasukkan sebuah informasi secara transparan
ke dalam dokumen digital yang disalin oleh orang-orang yang
berada di dalam perusahaan dengan menggunakan FUSE dan
Samba sebagai media berbagi data.
Dari ujicoba yang dilakukan informasi yang berhasil
dimasukkan ke dalam beberapa jenis dokumen digital. Akan tetapi
mempengaruhi waktu dan kecepatan pengiriman dokumen. Hasil
ini menunjukkan bahwa penyisipan informasi secara transparan ke
dalam dokumen digital dapat dilakukan dengan menggunakan
FUSE walaupun mempengaruhi waktu dan kecepatan pengiriman
dokumen digital.

RANCANG BANGUN LAYANAN PLATFORM AS A SERVICE PAAS UNTUK MENDUKUNG SISTEM MULTI-TENANCY PENGEMBANGAN APLIKASI BERBASIS KOMPUTASI AWAN

Layanan hosting aplikasi atau sering disebut Application Hosting Web Hosting merupakan layanan yang jamak tersedia di Indonesia. Layanan ini memberikan wadah bagi siapapun untuk menempatakan aplikasi Web mereka beserta basis datanya di jaringan Internet tanpa perlu menyediakan sendiri infrastruktur Internet terdedikasi. Layanan ini memiliki berbagai macam bentuk. Salah satu yang paling banyak tersedia di Indonesia adalah Shared Web Hosting yang menyediakan layanan yang sangat murah. Pada jenis layanan ini penyewa hanya diberikan satu buah platform yang sama dengan aplikasi yang disimpan bersamaan pada satu buah server sehingga memungkinkan adanya bottleneck. Selain itu terdapat jenis layanan lain yaitu Virtual Private Server VPS yang menyediakan kendali penuh pada sistem melalui teknik yang disebut virtualisasi namun dengan konfigurasi yang sangat kompleks. Saat ini terdapat jenis layanan hosting baru yang disebut dengan Cloud Web Hosting. Layanan ini mengadopsi prinsip komputasi awan yaitu berupa Platform-as-a-Service PaaS yang menyediakan jasa platform bagi pengembang Web untuk menempatkan aplikasi mereka di Internet. Layanan ini menawarkan fitur untuk transparansi akses multi-platform skalabilitas reliabilitas keterbukaan API dan kemudahan pengguna. Namun layanan ini saat masih sangat jarang terutama di Indonesia yang masih menggunakan platform yang sama dengan Shared Web Hosting. Pada tugas akhir ini dilakukan perancangan dan implementasi sistem hosting atau pengembangan aplikasi yang mendukung banyak tenantpenyewa Multi-Tenancy mendukung banyak platform dan mendukung tiga prinsip komputasi awan yaitu self-service resource pooling dan metered service. Sistem ini mengadopsi beberapa fitur yang ada di Cloud Web Hosting modern sehingga bisa dibangun oleh pihak ketiga dengan mudah.

RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI SELEKSI PEGAWAI BARU DENGAN METODE PERBANDINGAN EKSPONENSIAL(STUDI KASUS: PT KEJAYAAN SS SIDOARJO)

Rekrutmen didefinisikan sebagai proses penilaian seleksi dari sumber daya manusia dalam mendapatkan seorang pegawai dengan mempertimbangkan beberapa aspek yang terkait didalamnya. Kebutuhan pegawai berkualitas menjadi salah satu masalah tersendiri bagi PT Kejayaan SS yang mengolah data hasil tes seleksi masih secara manual. Data hasil seleksi tersebut disajikan dalam bentuk kualitatif sehingga tidak terdapat nilai pasti dalam standart penilaian seleksi. Proses pengambilan keputusan memerlukan waktu cukup lama dan kurang akurat. Disamping itu, pemilihan dilakukan subjektif sehingga mendapatkan calon pegawai yang didapat tidak sesuai dengan harapan. Dalam membantu proses perekrutan dan ujian seleksi pegawai penilaian seleksi menggunakan metode perbandingan eksponensial. Teknik ini digunakan dalam membantu bagi individu untuk mengambil keputusan dengan menggunakan rancang bangun model yang telah terdefinisi dengan baik pada tahap proses. Dengan adanya sistem seleksi pegawai ini dapat dilihat bahwa terjadi perbaikan sistem seleksi dari yang bentuk kualitatif menjadi bentuk kuantitatif sehingga mendapatkan pegawai yang selalu dalam kondisi baik dan dapat beradaptasi dengan pekerjaan sehingga didapatkan kontribusi yang baik bagi PT Kejayaan SS.

RANCANGAN APLIKASI TICKETING PENYAMPAIAN PERMASALAHAN TERKAIT HARDWARE DAN SOFTWARE OLEH USER KEPADA SUPPORTING UNIT(STUDI KASUS DIVISI HELPDESK IT-PT. BANK DANAMON INDONESIA TBK)

Efektifitas dan efisiensi waktu sangat diperlukan oleh sebuah organisasi atau institusi. Terlebih lagi pada sebuah organisasi atau institusi yang bergerak dalam bidang pelayanan dan jasa. Semakin cepat sebuah permasalahan atau keluhan dapat segera ditanggapi, ditindaklanjuti atau dapat segera terselesaikan merupakan inti dari pada mutu sebuah pelayanan. Namun berbanding terbalik dengan biaya yang harus dikeluarkan oleh instistusi atau organisasi dalam memaksimalkan mutu pelayanan. Aplikasi penyampaian permasalahan secara online dapat menjadi sebuah solusi, agar efektivitas, efisiensi dan tujuan tersebut dapat tercapai. Penulis menggunakan tiga tahap siklus pengembangan model RAD yang terdiri dari fase perencanaan syarat-syarat, fase workshop desain dan fase implementasi. Dalam skripsi ini, penulis mencoba membangun sebuah aplikasi yang bisa mengakomodir hal tersebut.

SEGMENTASI CITRA IKAN TUNA DENGAN MAHALANOBIS HISTOGRAM THRESHOLDING DAN MAHALANOBIS FUZZY C-MEANS

segmentasi. Secara visual citra ikan tuna memiliki varian warna yang tinggi mulai
dari bagian biru gelap hingga biru terang atau putih. Jika citra ikan tuna dipetakan
ke dalam ruang fitur maka piksel yang menyusun area tubuh ikan tuna akan
membentuk kelompok piksel hyperellipsoid. Algoritma segmentasi Fuzzy C-Means
berbasis jarak Mahalanobis dapat digunakan untuk mensegmentasi citra yang
memiliki karakteristik tersebut. Namun inisialisasi derajat keanggotaan dan
centroid klaster secara random mengakibatkan proses pengklasteran piksel menjadi
tidak efisien dalam hal iterasi dan waktu komputasi.
Penelitian ini mengusulkan metode baru untuk segmentasi citra ikan tuna
dengan Mahalanobis Histogram Thresholding M-HT dan Mahalanobis Fuzzy CMeans
MFCM. Metode yang diusulkan terdiri atas tiga tahapan utama yaitu
Inisialisasi centroid untuk mendapatkan centroid awal tiap klaster pengklasteran
piksel untuk mengelompokkan piksel background dan objek dan peningkatan
akurasi untuk meningkatkan akurasi hasil pengklasteran piksel.
Berdasarkan hasil uji coba diperoleh rata-rata jumlah iterasi sebanyak 66
iterasi dengan waktu segmentasi rata-rata 16203 detik. Rata-rata Akurasi sebesar
9854 dengan tingkat Missclassification Error sebesar 146. Berdasarkan hasil
yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa metode yang diusulkan dapat
meningkatkan efisiensi dalam hal jumlah iterasi dan waktu segmentasi. Selain itu
metode yang diusulkan dapat memberikan hasil segmentasi yang lebih akurat
dibandingkan dengan metode konvensional.

IMPLEMENTATION OF DYNAMIC CLUSTER USING K-MEANS CLUSTER AND PARTICLE SWARM OPTIMIZATION FOR TRAFFIC CHARACTERISTICS IDENTIFICATION CHARACTERISTICS BASED ON THE NUMBER AND THE KIND OF VEHICLES

Jalan raya merupakan fasilitas umum yang paling sering
digunakan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Hal
tersebut disebabkan karena jalan raya berfungsi untuk
menghubungkan antar satu tempat dengan tempat lainnya. Setiap
jalan raya memiliki lebar dan pembagian jalur yang berbedabeda
disesuaikan dengan jumlah pengguna yang melintas.
Meski terdapat algoritma pengelompokkan K-Means
Cluster namun K-means Cluster saja tidak cukup untuk
melakukan pengelompokkan jalan raya karena K-means
membutuhkan jumlah cluster yang pasti. maka dari itu
dikembangkan suatu metode Dynamic Cluster dengan
menggunakan K-Means dan Particle Swarm Optimization PSO
untuk mencari jumlah Cluster optimal. Algoritma PSO digunakan
untuk mencari Jumlah Cluster yang optimal sementara K-Means
digunakan untuk menghitung hasil Cluster terbaik.
Uji coba dilakukan dengan menggunakan uji parameter
dan uji skenario berdasarkan jenis kendaraan. Uji parameter
dimaksudkan untuk mencari nilai optimal ambang batas dan
konstanta dari dari algoritma PSO. Uji skenario berdasarkan
jenis kendaraan dibagi menjadi dua yakni motor dan mobil di
dalam rentang waktu tertentu. Hasil dariuji coba yang dilakukan
adalah setiap Cluster yang terbentuk di dalam subskenario
memiliki anggota yang selalu berubah-ubah berdasarkan
kedekatan selisi jumlah kendaraan.

RANCANG BANGUN APLIKASI BERBASIS JARINGAN GSM UNTUK MEMBANTU SISTEM KEARSIPAN PADA BIRO UMUM PEMERINTAHAN PROPINSI JAWA TIMUR

Dalam pelaksanaan otonomi daerah di lingkungan Pemerintah Propinsi Jawa Timur, Bagian Tata Usaha Biro Umum dituntut mampu menciptakan suatu sistem kearsipan yang baik, cepat, handal, efisien dan tepat sasaran, khususnya dalam rangka memberikan pelayanan umum yang optimal, baik kepada pemerintah maupun masyarakat. Sistem informasi yang dikelola oleh Bagian Tata Usaha merupakan sistem kearsipan yang membantu pimpinan dalam upaya proses pengambilan keputusan yang hasilnya dapat dipertanggung-jawabkan kepada pemerintah dan masyarakat. GSM merupakan sebuah revolusi teknologi komunikasi nirkabel yang memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi secara mobile, baik komunikasi suara, data, video maupun internet melalui gelombang radio dengan frekuensi 900 MHz, 1800 MHz, dan 1900 MHz. Dengan GSM, era perdagangan bergerak (mobile-commerce) akan menjadi gaya hidup modern karena telepon cellular sudah menjadi kelengkapan pribadi dan mempunyai fungsi yang lebih hebat sehingga dapat dikatakan bahwa telepon cellular bukan sekedar alat komunikasi jarak jauh saja. Permasalahan dari Tugas Akhir ini adalah bagaimana membuat sistem yang terkomputerisasi untuk mengetahui kondisi arsip yang telah dikirimkan oleh pengirim dengan memanfaatkan teknologi Short Message Service (SMS) secara otomatis.