IMPLEMENTATION OF SIX MINI GAMES MODULES FOR HEART MEISTER GAME SYSTEM ON UNITY 2D BY APPLYING BUILDER PATTERN

Heart Meister merupakan permainan sosial pada perangkat
smartphone. Permainan Heart Meister bergenre Role Play Game RPG
dengan tema fantasi. Permainan ini berfokus pada pertarungan antar pet
yang dimiliki pemain. Setiap pet memiliki atribut sebagai indikator
kekuatannya. Level dari masing-masing atribut bisa dinaikkan dengan
menyelesaikan dungeon yang ada. Akan tetapi terkadang pemain ingin
menaikkan level dari atribut tersebut secepat mungkin untuk menjadikan
pet-nya semakin kuat. Masalah lain yaitu pet yang bukan merupakan pet
utama dari pemain akan susah dinaikkan level atributnya karena jarang
atau tidak pernah dipakai. Dengan demikian dibutuhkan suatu sistem
untuk menaikkan level atribut dari pet secara cepat dan menarik.
Modul mini game ini dibuat dengan tujuan untuk memenuhi
kebutuhan penaikan level atribut dari pet pada permainan Heart Meister.
Masing-masing atribut dari pet dapat dinaikkan dengan jenis mini game
yang berbeda. Hasil penaikan level atribut yang didapat berdasarkan
berhasil atau tidaknya pemain dalam menyelesaikan mini game.
Modul mini games dibangun dengan menerapkan konsep Builder
Pattern. Builder pattern digunakan untuk mengatur pembuatan level
pada mini game. Dengan penerapan builder pattern ini pembuatan level
dari tiap mini game ditangani oleh kelas yang sama. Dengan demikian
penerapan builder pattern ini akan memudahkan jika terjadi
penambahan level dari mini game.

DESIGN AND IMPLEMENTATION CURRICULUM INFORMATION SYSTEM TO SUPPORT QUALITY ASSURANCE IN LEARNING AND TEACHING FIELD OF UNIVERSITY CASE STUDY ITS

Pendidikan merupakan proses yang terus berkembang
begitu juga dengan komponen yang di dalamnya dalam hal ini
kurikulum sebagai salah satu komponen dari sistem pendidikan
juga mengalami perubahan untuk sistem pendidikan yang lebih
baik. Pada pergantian kurikulum ini akan menghasilkan
kompetensi yang baru yang merupakan perbaikan dari kompetensi
sebelumnya untuk keperluan penjaminan mutu dari ITS di bidang
pembelajaran. Sayangnya bentuk dokumentasi dari penjaminan
mutu tersebut belum ada dalam sistem tertentu yang menampilkan
keperluan untuk penjaminan mutu.
Pada tugas akhir ini dirancang sebuah sistem informasi
yang dapat menangani keperluan di atas. Dengan melakukan
pendataan pada kompetensi masing-masing jurusan berdasarkan
periode kurikulum serta melakukan pendataan pada kelengkapan
elemen kurikulum. Sistem informasi kurikulum SIMKURI dapat
membantu pihak manajemen mutu untuk melakukan monitoring
atas kelengkapan pada kurikulum masing-masing jurusan
terutama yang terkait dengan bidang kompetensi pembelajaran dan
bagian atribut untuk mata kuliah di jurusan.
Dari hasil pengujian pada jurusan di ITS SIMKURI ini
dapat menampilkan kompetensi dari jurusan tersebut serta mampu
untuk melakukan pemetaan kompetensi kurikulum hingga pada
mata kuliah. Selain itu SIMKURI juga dapat menampilkan daftar
kelengkapan mata kuliah terutama terkait dengan silabus dan rencana pembelajaran dari mata kuliah itu sendiri. Diharapkan
dengan digunakannya SIMKURI ini dapat memudahkan pihak
manajemen mutu untuk melakukan evaluasi pada proses
pembelajaran terutama pada bagian kompetensi kurikulum.

RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PARIWISATA PROPINSI BALI BERBASIS WEB

Bidang pariwisata merupakan salah satu bidang yang diandalkan bagi bangsa Indonesia untuk memperoleh devisa negara di masa sekarang dan juga masa yang akan datang khususnya untuk pariwisata di pulau Bali. Berbagai wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri telah mengetahui tentang pariwisata di Pulau Bali dan ingin berkunjung ke Bali, dan untuk mengetahui obyek-obyek pariwisata yang ada di Bali adalah dengan mencari informasi sebanyak-banyaknya dari brosur-brosur, atau bisa juga dengan datang ke Dinas Pariwista Bali. Permasalahan yang diangkat dalam topik ini ialah bagaimana membuat sistem informasi pariwisata di pulau Bali berbasis web yang diharapkan agar penyampaian data dan informasi tentang daerah pariwisata yang terdapat di Pulau Bali dapat berguna secara maksimal untuk wisatawan dan juga dinas pariwisata itu sendiri melalui media internet yang sangat mudah diakses untuk berbagai kalangan. Berdasarkan hasil uji coba, aplikasi ini dapat menyajikan informasi pariwisata secara tepat waktu. Aplikasi ini juga mendukung beberapa browser. Dengan demikian, aplikasi ini dapat digunakan sebagai alat bantu dalam penyampaian informasi pariwisata di pulau Bali.

SISTEM PENENTUAN NOMINASI BPH SINODE GEREJA KRISTEN BERBASIS WEB DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS

Abstraksi Analytical Hierarchy Proses (AHP) adalah salah satu metode pengambilan keputusan dengan input utamanya persepsi manusia. Model AHP ini pendekatannya hampir identik dengan model perilaku politis, yaitu merupakan model keputusan (individual) dengan menggunakan pendekatan kolektif dari proses pengambilan keputusannya. AHP merupakan bentuk model pengambilan keputusan yang pada dasarnya berusaha menutupi semua kekurangan dari model-model sebelumnya selain itu AHP mempunyai kemampuan untuk memecahkan masalah yang multi-objektif dan multi-kriteria yang berdasar pada perbandingan prefensi dari setiap elemen dalam hirarki. Jadi model ini merupakan suatu model pengambilan keputusan yang komprehensif. Permasalahan dari tugas akhir ini adalah bagaimana membuat sistem Informasi yang dapat memberikan informasi alternatif pilihan calon pejabat BPH Sinode yang terbaik dengan metode Analytical Hierarchy Process, dengan adanya multi kriteria yang dibutuhkan untuk menjabat calon BPH, maka model AHP ini akan menangkap berbagai input yang merupakan persepsi manusia dalam hal ini panitia nominasi, kemudian oleh model AHP ini data tersebut diolah hingga menghasilkan suatu bobot nilai dari masing-masing nominasi yang ada, yang memberikan alternatif keputusan nominasi mana yang terpilih menjabat BPH Sinode GKMI.

OPTIMASI PEMILIHAN PERANGKAT LUNAK ERP PADA PERUSAHAAN MENGGUNAKAN MULTI-CRITERIA DECISION MAKING FUZZY-AHP DAN TOPSIS

Proses penggunaan perangkat lunak ERP pada sebuah
perusahaan terdiri dari tiga bagian yakni proses pemilihan
proses implementasi dan proses evaluasi. Proses pemilihan
perangkat lunak merupakan faktor yang sangat penting untuk
menunjang keberhasilan pada proses selanjutnya. Untuk memilih
perangkat lunak ERP diperlukan sebuah teknik Multi Criteria
Decision Making MCDM. Pada tugas akhir ini metode yang
digunakan yakni Fuzzy-AHP dan TOPSIS.
Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik kriteria yang
digunakan pada MCDM berdasar ISOIEC 25022 Software
Measurement of Quality in Use. Kriteria ini menunjukkan kualitas
sebuah sistem ketika digunakan. Teknik business process matching
dengan Beehivez digunakan sebagai salah satu pengukuran
kriteria.
Hasil uji coba menunjukkan bahwa metode tersebut berhasil
diimplementasikan pada sistem.

SISTEM INFORMASI PELAPORAN RUMAH SAKIT

Rumah sakit merupakan suatu organisasi yang bergerak di bidang kesehatan untuk masyarakat. Rumah sakit menggunakan sistem berbasis komputer yang dapat menghasilkan laporan-laporan seperti laporan kegiatan rumah sakit (RL 1), laporan morbiditas pasien rawat inap (RL 2a), maupun laporan morbiditas pasien rawat jalan (RL 2b). Pimpinan rumah sakit atau direktur rumah sakit menggunakan laporan-laporan tersebut dari bagian rekam medik untuk menganalisa hasil pencapaian rumah sakit berdasarkan indikator-indikator dari instalasi rawat inap maupun rawat jalan. Pimpinan sering mengeluhkan tentang proses penganalisaan tersebut, karena dari segi tampilan laporan masih berupa tabel yang kemudian dibanding-bandingkan tiap periode untuk melihat perkembangan rumah sakit. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah sistem informasi pelaporan yang mampu menampilkan, serta menghasilkan laporan dalam bentuk tabel dan grafik yang bersifat drill down yang dapat membantu pimpinan dalam menganalisa perkembangan rumah sakit atau hasil pencapaian rumah sakit berdasarkan indikator-indikator dari instalasi rawat inap maupun rawat jalan. Setelah sistem tersebut dibuat dan dilakukan uji coba (Test Case), maka sistem tersebut telah dapat menghasilkan laporan dengan bentuk tabel maupun grafik yang mempunyai kemampuan drill down yang dapat membantu pimpinan rumah sakit dalam melakukan analisis perkembangan rumah sakit berdasarkan indikator-indikator rawat inap atau rawat jalan.

OTOMASI PERKANTORAN PADA MANAJEMEN PROYEK DENGAN MENGOPTIMALISASIKAN VBA DAN OBJECT LIBRARY

Seorang manajer proyek sangat berperan sebagai pengelola jaringan informasi besar yang bertugas mengkoordinasikan, menyelia, memperkirakan, merencanakan, dan mengevaluasi proyek. Tugas manajer proyek adalah memandu proyek hingga mencapai hasil yang diinginkan. Tanggung jawab utama manajer proyek adalah mengkoordinasikan, memeriksa, dan menyebarkan informasi proyek. Selama tahap awal dari sebuah proyek, manajer proyek bekerja dengan staf dan manajemen untuk mendefinisikan tujuan dan prioritas dari proyek, dan kemudian ia harus mendefinisikan jalur untuk mencapai tujuan tersebut. Setelah proyek berjalan, manajer proyek menyelia kemajuan, memperkirakan dampak dari variasi jadwal, serta memelihara rencana proyek. Setelah tujuan dicapai, manajer proyek menyelesaikan evaluasi proyek agar organisasi bisa terus merencanakan proyek-proyek yang efektif di masa depan. Pada beberapa tahap penyelesaian suatu proyek diperlukan adanya aplikasi yang membantu manajer untuk mencapai sasaran proyek pada tingkat biaya yang lebih efisien. Seperti pada tahap penyebaran infomasi proyek dan beberapa tahap lainnya yang menyangkut pendistribusian informasi. Permasalahan dari Tugas Akhir ini adalah bagaimana merancang dan membuat aplikasi yang dapat membantu manajer dalam mendistribusikan tugas masing-masing anggota dengan cepat dan efisien dalam suatu proyek. Aplikasi ini diharapkan dapat membantu mencapai sasaran proyek pada tingkat biaya yang lebih efisien. Dalam aplikasi ini disediakan beragam model pendistribusian yang nantinya akan memberikan kemudahan dalam pengiriman informasi, data, dan laporan. Kemudahan dan fleksibilitas dalam pengaturan pendistribusian informasi, data dan laporan serta kemampuan meng-update data secara otomatis, diberikan oleh aplikasi ini tanpa menghilangkan fungsi pengontrolan seorang manajer. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan diperoleh kemampuan aplikasi ber-VBA yang dapat membantu manajer dalam menyelesaikan proyek bisnis dengan tepat dan mencapai sasaran proyek pada tingkat biaya yang lebih efisien dengan cara menekan biaya distribusi dan biaya pencetakan. Dari sini diharapkan adanya pengembangan aplikasi kearah arsitektur Component Object Model (COM) dengan memanfaatkan kemampuan internet secara menyeluruh serta menambahkan fasilitas komunikasi on-line.

RANCANG BANGUN PROTOTYPE PEMESANAN TAKSI MENGGUNAKAN SHORT MESSAGE SERVICE DENGAN METODE ANT COLONY

Taksi adalah salah satu sarana transportasi umum yang mampu memenuhi kenyamanan dan keamanan dalam melakukan mobilitas di kota besar. Metode pemesanan taksi yang masih sering digunakan pada saat ini yaitu melalui telepon. Pemesanan menggunakan telepon membutuhkan biaya dan waktu yang tidak sedikit, karena transaksi pemesanan melalui telepon membutuhkan interaksi antara calon penumpang dengan operator untuk mendapatkan kesepakatan. Masalah pemesanan tersebut dapat dipecahkan dengan menggunakan Short Message Service, hal ini dikarenakan murah dan prosesnya cepat, langsung kepada tujuan. Namun untuk memberikan keyakinan dan kepercayaan kepada pelanggan, diperlukan suatu konfirmasi mengenai lama kedatangan taksi dalam mencapai lokasi pemesanan. Oleh karena itu, dengan menggunakan konsep Travelling Salesman Problem akan dicari rute terpendek taksi dari pangkalan menuju ke lokasi pemesanan menggunakan metode Ant Colony. Ant Colony merupakan metode pencarian yang menggunakan teknik heuristik, dimana terdapat sejumlah iterasi untuk mendapatkan solusi yang optimal. Ant Colony mengilhami cara kerja koloni semut untuk menemukan rute terpendek, dimana semut-semut tersebut saling berkomunikasi dengan menggunakan pheromone. Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan, pemesanan taksi menggunakan Short Message Service dan metode Ant Colony mampu memberikan hasil yang optimal terhadap pemesanan taksi.

PENGEMBANGAN APLIKASI PENGELOLAAN BARANG BERBASIS WEB PADA PT. TELKOM KANDATEL JAKARTA SELATAN

Siti Shofah (101091123337), Pengembangan Aplikasi Pengelolaan Barang Berbasis Web pada PT. Telkom Kalldatel Jakarta Selatan. ( Dibawah bimbingan Aries Susanto HT, M.Msi dan Faizal Aidul Fitri, ST, M.Kom). Pengelolaan barang adalah salah satu proses bisnis dad Sub. Bag Logistik Bagian Operasi &.Pemeliharaan Jaringan Akses yang kegiatannya meliputi permintaan dan pemesallan atau pellgajuall pellgadaall barallg yang pellangallanya tidak boleh dipandang sebelah mata. Hal ini disebabkan karena penanganan pengelolaan barang yang baik dapat meningkatkan ef:ektifitas kerja dan pengelolaan barang yang lebih efisien. Pada PT. Telkom Kandatel Jakarta Selatan yang berada di Jalan Sisingamangaraja, pengelolaan barang merupakall salah satu bagian dari proses bisnis Sub. Bag Logistik Bagian Operasi &.Pemeliharaan Jaringan Akses. Dalam kegiatan pengelolaan barang seperti proses permintaan dan pesanan, perusahaan ini masih menggunakan sistem manual, dimana user (karyawan) tidak mengetahui informasi persediaan barang sebagai aeuan user untuk melakukan permintaan dan pemesanan barang. Seorang karyawan yang ingin melakukan permintaan barang harus mengisi NPBI FPB dengan melampirkan NPL yang kemudian akan diverifikasi oleh SS, Ass. Man Sub. Bag dan Ass. Man Logistik dan untuk pemesanan. bagian gudang memberikan laporan permintaan, pengadaan clan persediaan barang dan user dengan memberikan justifikasi ke Ass. Man Logistik untuk dapat dilakukan pcmesananl pengadaall barallg yang akan direalisasikan oleh kasi pengadaan. Proses tersebut clirasa kurang efektif clan efisien serta mcmakan waktu, tenaga dan biaya. Oleh karena itu diperlukan adanya pengembangan suatu sistcm atau aplikasi pengelolaan barang berbasis web clan faetor-faktor pendukung lain yang dapat memepermudah kegiatan permintaan clan pemesanan barang sehingga dapat lebih efektif dan efisien. Melalui tahapan anal isis, desain dan implementasi pada metodologi SDLC tradisional dalam pengembangall sistem, pengembangan suatu aplikasi pengelolaan barang berbasis web ini, diharapkan dapat mempemlUdah dan mempereepat proses permintaall clan pemesanan barang.

PEMBUATAN APLIKASI ESTIMASI BIAYA PRODUKSI PADA EDAM BAKERY DENGAN PENDEKATAN FUZZY LINEAR PROGRAMMING

Perusahaan Edam Bakery adalah perusahaan yang memproduksi roti burger, roti sosis dan pizza, didalam proses produksi Edam Bakery ingin mengestimasikan biaya produksi yang bertujuan untuk meningkatkan laba produknya. Selama ini proses yang berhubungan dengan perhitungan estimasi biaya produksi yang didapat diselesaikan dengan perhitungan manual dengan metode matematika yang belum baku. Fuzzy Linear Programming (FLP) adalah metode Linear Programming yang diaplikasikan dalam lingkungan Fuzzy. Dalam Tugas Akhir ini diaplikasikan dalam masalah estimasi biaya produksi. Penerapan Fuzzy Linear Programming pada masalah estimasi biaya produksi didapatkan bahwa biaya produksi minimum. Dalam tugas akhir ini, dengan menggunakan program komputer yang telah dibuat, bisa membantu manajer dalam mengestimasi biaya produksi perusahaan berdasarkan volume produksi yang dilakukan oleh perusahaan.