DESIGN AND IMPLEMENTATION OF ANDROID BASED AUDIO COMMUNICATION OVER WIRELESS LOCAL NETWORK USING JOINT CODING RATE CONTROL ALGORITHM

Perkembangan aplikasi Android dewasa ini sangat pesat aplikasi dikembangkan untuk menyelesaikan permasalahan diberbagai bidang. Saat ini ada beberapa kategori aplikasi Android yang dikembangkan seperti game aplikasi media sosial bahkan aplikasi yang menggantikan komunikasi telepon seperti aplikasi pengirim pesan komunikasi audio atau video. Aplikasi komunikasi audio merupakan salah satu yang popular. Seringkali kualitas kualitas pengiriman audio menurun seiring dengan penurunan kualitas jaringan sehingga menyebabkan komunikasi menjadi kurang nyaman. Smartphone Android saat ini kebanyakan sudah dilengkapi dengan konektivitas seperti bluetooth dan Wi-Fi. Smartphone Android mulai dari versi 4.0 saat ini juga sudah bisa mendukung koneksi langsung antar peers dan juga low-level audio API untuk pengaksesan driver suara dari perangkat. Pada tugas akhir ini mengusulkan solusi permasalahandengan memanfaatkan teknologi Android dengan membuat aplikasi audio yang bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan menggunakan infrastruktur yang sudah ada maupun dengan menggunakan koneksi langsung antar peers dengan peningkatan kualitas audio berdasarkan kualitas kanal pada jaringan mengimplementasikan algoritma Modified Join Coding Rate Control JCRC yang memaksimalkan troughput dan meminimalkan delay. Pengujian yang dilakukan dengan metode ini mendapatkan hasil bahwa metode ini mampu menjaga kualitas suara dan mempertahankan delay.

PERANCANGAN DAN PEMBUATAN APLIKASI CISCO MANAJEMEN SISTEM BERBASIS KOMUNIKASI SERIAL

Cisco Systems, Inc merupakan salah satu perusahaan atau vendor yang memproduksi peralatan komunikasi dan jaringan komputer. Untuk mengkonfigurasi perangakat Cisco, dapat menggunakan aplikasi Hyperterminal. Hyperterminal memanfaatkan port serial dalam melakukan komunikasi dengan perangkat Cisco. Interfaces yang ditawarkan berupa Commnad Line Interfaces (CLI) sehingga belum ada kemudahan visualisasi dalam pengaturan perangkat Cisco bagi pengguna. Dalam melakukan penelitian, penulis juga mendapatkan pandangan dari penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh mahasiswa PETRA Kota telah membuat aplikasi Console Goosie Router Cisco, namun aplikasi ini hanya dapat diterapkan pada router Cisco. Dalam tugas akhir ini penulis melakukan perancangan dan pembuatan Aplikasi Cisco Manajemen Sistem Berbasis Komunikasi Serial yang dapat diintregasikan dengan router dan switch Cisco, yang nantinya diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi para pengguna perangkat Cisco dalam melakukan pengaturan dan akses komunikasi antar perangkat Cisco dengan tampilan aplikasi yang berorientasikan pada sistem Graphical User Interfaces (GUI). Hasil dari tugas akhir ini berupa aplikasi dengan tampilan interface yang lebih mudah dimengerti oleh pengguna daripada aplikasi yang sudah ada sebelumnya dalam melakukan pengaturan konfigurasi perangkat Cisco. Fasilitas pengaturan yang disediakan meliputi konfigurasi hostname, telnet, ethernet interface, serial interface, fast ethernet interface, routing, vlan database, vlan trunking protocol, komunikasi ping, komunikasi telnet dan Cisco Discovery Protocol (CDP) access.

RANCANG BANGUN PENJADWALAN DAN PERWALIAN BERBASIS WEB DI SEKOLAH TINGGI KOTA(STUDI KASUS SEKOLAH TINGGI KOTA)

Perwalian adalah sebuah proses yang berlangsung sebelum kegiatan belajar mengajar satu semester di SEKOLAH TINGGI Kota dilakukan. Perwalian wajib dilakukan oleh setiap mahasiswa aktif yang tidak cuti. Tujuan utama dari perwalian ini adalah menentukan jadwal dan mata kuliah pilihan yang diambil oleh mahasiswa. Penjadwalan adalah sebuah proses yang berlangsung sebelum perwalian berlangsung. Penjadwalan merupakan proses penentuan jadwal mata kuliah dan berapa jadwal yang dibuka untuk mata kuliah tersebut. Tujuan utama dari penjadwalan adalah menentukan jadwal yang digunakan untuk semester depan. Sistem perwalian yang ada di SEKOLAH TINGGI Kota sekarang ini menggunakan sistem berbasis desktop (Oracle Form), sedangkan sistem untuk penjadwalan masih dilakukan secara manual. Proses yang ada pada sistem perwalian yang ada sekarang ini masih dapat disederhanakan menjadi lebih sedikit dengan menghilangkan proses registrasi ulang di AAK. Sedangkan pada penjadwalan, terjadi kesalahan dalam pembuatan jadwal. Kesalahan pada pembuatan jadwal adalah jadwal yang melebihi kapasitas kelas yang tersedia. Sistem yang dibuat mampu menyederhanakan proses perwalian dan mengurangi kesalahan plotting dengan batasan kapasitas kelas pada penjadwalan. Selain itu, sistem yang dibuat berbasis web sehingga memungkinkan proses perwalian dan penjadwalan tidak terbatas hanya di SEKOLAH TINGGI tetapi juga dapat dilakukan oleh mahasiswa dan dosen wali dari luar SEKOLAH TINGGI.

PENERAPAN TEKNOLOGI DEPLOY KE INTERNET UNTUK SISTEM INFORMASI PEMBELIAN DENGAN METODE PENJADWALAN MRP PADA PT ISPAT INDO

Kemajuan teknologi yang pesat akhir – akhir ini dan seiring makin banyaknya informasi yang dibutuhkan seorang manajer untuk memantau usahanya maka dibutuhkan suatu sistem informasi yang bisa memberikan informasi yang cepat, tepat dan akurat dalam hal pembelian baik bahan baku maupun bahan penunjang lainnya. Sistem informasi pembelian (Purchasing) ini akan di deploy menggunakan fasilitas WebDB yang telah terdapat di oracle form. Teknik ini akan menggabungkan pemrograman Java dengan Form Developer sehingga akan terbentuk java applet dan aplikasi yang dibuat bisa berjalan di atas Browser internet dan tentu saja jaringan LAN maupun WAN. Perancangan sistem informasi ini juga akan menggunakan metode penjadwalan MRP yang akan membantu dalam menentukan waktu pembelian bahan baku produksi ke supplier. MRP yang di gunakan akan menggunakan teknik lot for lot dalam menentukan lot size nya, dengan teknik ini diharapkan penentuan jumlah pesanan ke supplier akan lebih cepat karena jumlah pesanan akan identik dengan nilai Net Requirement. Dengan adanya sistem informasi ini diharapkan dapat mengatasi permasalahan yang terjadi pada bagian pembelian, dan pembuatan laporan bisa lebih efektif. Sedangkan kendala yang muncul adalah proses validasi yang berulang dalam pembuatan purchase order. Selain itu pada generate MRP masih terdapat proses perhitungan ulang pada periode yang telah lalu.

DESIGN OF DOCUMENT TRACKING SYSTEM UTILIZING FUSE AND SAMBA FILE-SYSTEM CASE STUDY IN PT. ANEKA TUNA INDONESIA

Saat ini dokumen digital merupakan aspek penting dalam
dunia bisnis. Dokumen digital memuat data-data penting
perusahaan baik berupa data produksi sampai data keuangan.
Dokumen digital dalam perusahaan dapat diakses oleh orangorang
dalam perusahaan dengan menggunakan media berbagi
data. Sehingga dokumen digital rentan terhadap kebocoran baik
dari dalam maupun dari luar perusahaan. Dan apabila terjadi
kebocoran maka perusahaan akan banyak menderita kerugian.
Untuk mencegah terjadinya kebocoran dokumen digital khususnya
dari dalam perusahaan maka perlu pengamanan terhadap
dokumen digital dengan cara menyisipkan sebuah informasi
khusus ke dalam setiap dokumen digital yang disalin oleh orangorang
dari dalam perusahaan.
Berdasarkan permasalahan diatas maka dibuatlah suatu
sistem yang bisa memasukkan sebuah informasi secara transparan
ke dalam dokumen digital yang disalin oleh orang-orang yang
berada di dalam perusahaan dengan menggunakan FUSE dan
Samba sebagai media berbagi data.
Dari ujicoba yang dilakukan informasi yang berhasil
dimasukkan ke dalam beberapa jenis dokumen digital. Akan tetapi
mempengaruhi waktu dan kecepatan pengiriman dokumen. Hasil
ini menunjukkan bahwa penyisipan informasi secara transparan ke
dalam dokumen digital dapat dilakukan dengan menggunakan
FUSE walaupun mempengaruhi waktu dan kecepatan pengiriman
dokumen digital.

MENINGKATKAN KEMAMPUAN WINDOWS NT SERVER 4.0 DENGAN WINDOWS LOAD BALANCING SERVICES(WLBS)

Pada era globalisasi ini, teknologi informasi dan komunikasi berkembang sangat pesat dan pendayagunaannya tetah diimplementasikan di dalam berbagai macam sektor kehidupan. Dalam hal ini komputer sebagai peralatan utama dalam teknologi tersebut memiliki peranan yang sangat penting di dalam membantu dalam pelaksanaan proses kegiatan sehari-hari maupun membantu memecahkan masalah yang timbul pada kehidupan sehari-hari di berbagai bidang. Pada mulanya computer dipergunakan pada tingkat kebutuhan yang sederhana, misalnya sebagai alat bantu pengolah kata, alat bantu pengolah angka, alat bantu dalam menggambar dan sebagainya. Selanjutnya kemampuan komputer dikembangkan untuk menangani kebutuhan yang lebih lanjut, misalnya untuk menangani pengolahan data – data transaksi harian maupun untuk mengolah data – data penting lainnya. Selain itu diharapkan juga komputer dapat membantu efisiensi biaya serta juga membantu peningkatan kinerja yang ada. Dengan begitu banyak tuntutan yang diharapkan dari teknologi komputer tersebut, maka dikembangkan teknologi jaringan komputer. Hal ini disebabkan karena sebuah komputer tidak akan rnampu untuk menangani beban kerja yang berlebihan. Oleh karena itu dengan kehadiran teknologi jaringan computer diharapkan computer – computer tersebut dapat bekerja sama melalui suatu hubungan komunikasi dan transmisi data melalui suatu jaringan media transmisi untuk dapat saling membagi beban kerja.

SISTEM BELAJAR JARAK JAUH DENGAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI MOBILE LEARNING

Proses belajar mengajar tradisional yang ada saat ini adalah proses belajar mengajar yang diadakan di dalam suatu kelas di mana seorang guru/dosen menyampaikan materi pelajaran kepada sekelompok siswa. Teknologi pendidikan yang ada saat ini sebagian besar tergantung pada keharusan antara guru dan para siswa terlibat langsung secara fisik di dalam proses belajar mengajar itu. Dengan mengabaikan keuntungan yang ada, kontak langsung antara guru dan para siswa serta umpan balik yang terjadi secara langsung di dalam kelas tradisional mempunyai banyak kerugian. Sebagai contoh jika seorang siswa tidak dapat hadir untuk mengikuti beberapa pelajaran maka dia akan kehilangan materi pelajaran dan latihan atau tugas-tugas yang diberikan. Dari kerugian yang ada ini muncul keinginan untuk mencari metode pendidikan yang baru dan lebih efektif. Pertumbuhan cepat teknologi komunikasi dan informasi pada masa sekarang ini dan peningkatan kemampuan komputer dari para siswa memungkinkan untuk menerapkan format pendidikan yang baru. Dari teknologi GPRS terdahulunya munculah 3G yang merupakan teknologi perkembangan dari GPRS. 3G merupakan teknologi pengiriman data paket untuk aplikasi internet dalam handphone. Pada penerapannya teknologi 3G dapat dipadukan dengan dunia pendidikan yang disebut dengan m-Learning. Mobile Learning atau disingkat dengan m-Learning sering diartikan sebagai penggunaan teknologi mobile untuk mendukung proses atau kegiatan belajar yang penekanannya diletakkan pada pemanfaatan teknologinya dan bukan pada tugas belajar dan mengajar. M-Learning dapat didefinisikan sebagai belajar dengan menggunakan peralatan mobile (mobile device) dan teknologi komputasi secara wireless. Pada aplikasi Mobile Learning ini materi pelajaran yang disediakan dibedakan menjadi 3 format, yaitu berupa format gambar, text, dan video. Sehingga materi yang ditampilkan sesuai dengan format yang telah dipilih. Untuk dapat menggunakan aplikasi ini pengguna terlebih dahulu harus melakukan registrasi dan kemudian men-download aplikasi ini. Untuk proses registrasi dan download aplikasi pengguna dapat melakukannya secara langsung menggunakan telepon seluler atau menggunakan komputer dengan mengakses web aplikasi mobile learning ini. Sedangkan untuk proses maintenance data pengguna dapat melakukannya melalui halaman web yang telah disediakan. Proses maintenance ini digunakan untuk melakukan penambahan data, penghapusan data dan melakukan perubahan data pada aplikasi ini. Yang dapat melakukan maintenance adalah pengguna yang memiliki hak akses sebagai admin. Dengan adanya sistem belajar dengan menggunakan teknologi mobile learning ini merupakan salah satu media bantu pendidikan yang dapat membantu proses belajar yang dapat dilakukan di luar kelas atau rumah tanpa batasan ruang dan waktu. Untuk perkembangan ke depan, sistem belajar jarak jauh dengan menggunakan teknologi mobile learning ini diharapkan dapat dipadukan dengan sistem informasi pendidikan pada suatu lembaga pendidikan formal.

INFORMATION SYSTEM INTEGRATED STUDENT(ISIS) BERBASIS ANDROID STUDI KASUS PRODI SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI

Android merupakan suatu sistem operasi mobile yang berkembang sangat pesat. Saat ini telah bermunculan secara inovatif dan bervariatif diantaranya perkembangan telepon seluler (ponsel). Berbagai macam fitur dan keunggulan telah ditanamkan ke dalam perangkat ini salah satunya Sistem Operasi Android. Di sisi lain, tingkat risiko penggunanya semakin tinggi dengan berbagai kemungkinan negatif yang terjadi seperti kriminalitas dan tindakan mengancam. Pada perkembangan saat ini, sangat dibutuhkan teknologi sistem untuk menghubungkan mahasiswa dengan layanan mahasiswa untuk memudahkan mendapatkan informasi akademik. Tujuan yang hendak ingin dicapai adalah membuat sebuah aplikasi untuk membantu mahasiswa dalam mengakses informasi akdemik secara mudah dan praktis untuk mendapatkan informasi secara efektif dan cepat oleh layanan mahasiswa dengan alternatif Android based application sebagai media untuk berkomunikasi dengan menggunakan SMS (text message) dan panggilan telepon (phone conference) kepada pihak yang berhubungan dengan dosen dan admin prodi. Teknik penelitian dalam penelitian ini adalah Penelitian Pengembangan atau Rekayasa Teknologi Informasi dengan subyek Prodi Sistem Informasi. Sedangkan untuk pendekatan menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis pendekatan kuantitatif yang dipilih adalah noneksperimental berupa deskriptif, komparatif, korelasional, survey, dan histories terhadap objek penelitian. Kesimpulan dari penelitian Aplikasi Information System Integrated Student pada Android Operating System, bahwa Aplikasi ISIS dapat membantu mahasiswa prodi sistem informasi untuk menghubungi dosen, admin, melihat jadwal matakuliah, nilai KHS dan informasi akademik secara baik dan efektif. Kata kunci: Information system integrated student (ISIS), android, Mahasiswa, Prodi Sistem Informasi, Dosen, admin, jadwal, nilai, informasi akademik.

RANCANG BANGUN APLIKASI GENERAL LEDGER MENGGUNAKAN UNIFIED MODELLING LANGUAGE

Dalam menentukan suatu kebijakan ekonomi di dalam perusahaan dibutuhkan data atau fakta mengenai kondisi keuangan perusahaan. Akuntansi adalah jasa yang menyediakan fakta kondisi keuangan perusahaan dalam bentuk laporan keuangan. Tujuan utama dari aktivitas akuntansi adalah mempersiapkan laporan keuangan yang berupa laporan pendapatan (income statement), laporan ekuitas pemilik (owner’s equity), dan neraca (balance sheet). General Ledger menyajikan catatan detil mengenai aktifitas setiap akun yang tercatat pada laporan keuangan. Pada sistem konvensional, General ledger merupakan sebuah buku, dan setiap akun yang tercatat di dalamnya memiliki halaman sendiri. Beberapa jenis akun bahkan memiliki lebih dari satu halaman. Untuk menghasilkan laporan keuangan yang diinginkan, perlu dilakukan summarized dari halaman-halaman tersebut. Pengolahan dan pemrosesan keseluruhan akun dalam General Ledger secara konvensional tentunya akan memakan waktu dan tahapan pemrosesan yang cukup lama, oleh karena itu sebaiknya dilakukan proses komputerisasi terhadap General Ledger sehingga pengolahan dan pemrosesan akun dalam General Ledger bisa berjalan lebih cepat.

DATA MINING UNTUK ANALISA PENJUALAN KERIPIK UD MARTOP PRATAMA MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI

Friska Vinda Irviana: Data Mining untuk Analisa Penjualan Keripik UD Martop Pratama menggunakan Algoritma Apriori, Skripsi, Sistem Informasi, FT UN PGRI Kediri, 2016. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa dengan semakin banyaknya usaha dagang yang saling bersaing membuat pihak usaha melakukan berbagai macam promosi. Selain itu ketersediaan data transaksi yang menumpuk serta belum adanya pengorganisiran promosi sesuai dengan keadaan. Bila kedua hal ini tidak terselesaikan dengan baik maka akan mengakibatkan transaksi penjualan tidak bisa optimal. Permasalahan pada penelitian ini adalah pemilik usaha dagang sering mengalami kesulitan untuk mengecek transaksi penjualan keripik dan jumlah keripik yang banyak terjual, karena data penjualan masih dicatat secara manual. Masalah diatas dapat diselesaikan dengan menerapkan Association rule dengan algoritma apriori, algoritma ini bisa digunakan untuk menentukan pilihan yang terbaik dari beberapa macam alternatif yang tersedia, metode ini dianggap paling sesuai untuk menyeleseikan permasalahan ini karena perhitungannya cukup mudah dan cukup ringkas selain itu metode ini sesuai dengan perancangan sistem yang akan dibuat. Untuk penerapan metode ini akan dibuat suatu sistem/aplikasi berbasis desktop yang menggunakan bahasa pemrograman JAVA dan MySQL sebagai database. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah suatu Aplikasi Penjualan yang menggunakan Association Rule dengan menggunakan algoritma apriori dapat digunakan untuk mengolah data penjualan yang begitu banyak menjadi suatu alternatif dimana dapat membantu pemilik usaha dagang melihat produk mana yang sering dibeli, serta dapat digunakan untuk melakukan promosi pembelian produk untuk meningkatkan penjualan. Kata Kunci: Penerapan Association Rule, Algoritma Apriori, Transaksi Penjualan.